Pantai Pink Lombok Suguhan Mempesona dari Pulau Lombok

Pantai Pink Lombok Suguhan Mempesona dari Pulau Lombok

Selama ini Pantai pink terkenal berada di Flores, NTT. Namun ternyata Pulau Lombok juga memiliki Pantai Pink yang dulu dikenal dengan sebutan Pantai Tangsi. Pantai Pink lombok terletak di Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Pantai ini dahulunya merupakan pantai transit para nelayan dari Desa Tanjung Luar, Kecamatan Keruak.

Pantai Pink Lombok merupakan destinasi wisata yang menarik dan patut untuk Anda kunjungi. Pantai ini merupakan satu dari tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir berwarna pink. Warna pink pada pasir ini berasal dari butir-butir pasir berwarna putih yang bercampur dengan serpihan karang merah muda. Terpaan air laut dan biasan sinar matahari menambah semakin jelas warna pink pasir pantai tersebut. Pantai Pink begitu tenang dengan ombak yang kecil. Sehingga sangat cocok untuk Anda yang hendak bersantai maupun bermain-main disana.

Pantai Pink juga dikelilingi berbagai bukit. Di sisi kiri pantai ini, terdapat bukit dengan padang rumput yang luas. Dari atas bukit ini, pemandangan Pantai Pink terlihat sangat indah dan mengagumkan. Selain itu, di sisi kanan ini juga terdapat tanjung yang sangat eksotis dengan gazebo yang memang sudah disediakan di atasnya.

Suasana Pantai Pink Lombok juga masih sangat sepi dan perawan. Tak heran jika kebersihan dan kealamian ini masih terjaga. Hal ini terbukti dengan tidak adanya sampah yang berserakan di sekitar pantai. Tak jarang jika para wisatawan seolah merasakan surga kedamaian saat berada di pantai ini.

Tak berhenti sampai disitu, keindahan alam bawah Pantai Pink Lombok juga tak kalah dengan pantai-pantai di Pulau Lombok lainnya. Terumbu karang yang indah dan beraneka hewan-hewan laut menambah kesempurnaan pantai ini. Tak hanya itu, ombak yang tenang juga sangat cocok untuk kegiatan snorekling.

Namun, untuk perlengkapan snorekling diharapkan Anda membawanya sendiri. Hal ini dikarenakan di Pantai Pink tidak ada yang menyewakan perlengkapan snorekling. Namun Anda tak usah khawatir, berbagai aktivitas lain juga dapat Anda lakukan, diantaranya memancing dan menyelam.

Tak cukup dengan keindahan alam Pantai Pink Lombok, Anda juga dapat menyewa perahu nelayan setempat untuk berkeliling sepanjang gugusan pulau kecil yang berjarak 2 km dari bibir Pantai Pink. Selain itu, di bukit sisi tengah juga terdapat gua peninggalan Jepang. Gua ini memiliki diameter sekitar 1,5 meter sangat mirip dengan gua-gua peninggalan jepang di wilayah Indonesia lainnya. Konon gua ini menjadi tempat persembunyian tentara jepang semasa perang dunia II. Kabarnya, jika Anda masuk dan menelusuri gua ini, maka anda akan sampai ke pantai yang terletak di sebelah bukit sebelah kiri pantai.

Rute menuju Pantai Pink Lombok dapat melalui Kota Mataram ke Pantai Tanjung Ringgit. Karena lokasi yang cukup jauh, Anda memerlukan waktu 2 jam untuk tiba disana. Pintu masuk Pantai Pink berada sekitar 1 km sebelum pantai Tanjung Ringgit. Setelah menemukan tulisan “Pantai Pink 50 meter”, Anda hanya perlu berjalan kaki untuk menuju lokasi Pantai Pink.

Namun sayang, wiasatawan tidak dapat menemukan fasilitis lengkap dan super mewah layaknya penginapan di sepanjang Pantai Pink Lombok. Anda hanya akan menemukan keramahan nelayan yang menawarkan perahu untuk mengelilingi pulau dan beberapa orang yang menjual aneka makanan dan minuman. Untuk itu, Anda sangat disarankan untuk pulang pada sore hari dan kembali ke penginapan.


Comments are closed.