4 Objek Wisata Desa Sasak Tour Lombok

4 Objek Wisata Desa Sasak Tour Lombok

Tak hanya pantai atau gunung, Lombok menyimpan sejuta keindahan budaya yang bisa wisatawan pelajari dengan menelusuri Desa Adat Sasak tour Lombok. Sudah bukan merupakan rahasia lagi jika Lombok memiliki objek wisata yang melimpah, terutama wisata alamnya. Banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, berkunjung ke Lombok untuk menikmati suasana pantai atau gunungnya. Padahal, tak hanya pantai dan gunung, Pulau Lombok begitu kaya dan masih kental dengan adat istiadat dan budayanya. Hal ini bisa Anda telusuri jika berwisata ke berbagai Desa Wisata Sasak tour Lombok.

4 Desa Wisata Sasak Tour Lombok Yang Mendunia

Terdapat empat desa adat di Lombok yang hingga kini masih menjalankan kehidupannya sesuai dengan tradisi adat turun-temurun. Meski kini Lombok sudah lebih maju dari beberapa tahun silam, aturan adat dan budaya di empat dari banyaknya desa adat di Lombok ini masih berlaku ketat. Desa adat apa sajakah itu? Yuk simak yang berikut ini!

  1. Desa Sade
sasak tour Lombok
desa sade lombok

Desa Sade terletak di Kabupaten Lombok Tengah. Lokasinya hanya sekitar 20 menit dari Bandara Internasional Lombok. Meski letaknya persis berada di pinggir jalan raya besar dan dikelilingi arus modernitas, desa ini masih memegang teguh adat istiadat dan budayanya. Desa Sade berpenduduk asli Suku Sasak yang masih menempati rumah tradisional Suku Sasak. Atap rumah terbuat dari ijuk, dindingnya dari anyaman, dan alasnya terbuat dari kotoran kerbau dicampur dengan tanah liat. Salah satu yang membuatnya unik adalah alas rumahnya ini dibersihkan menggunakan campuran kotoran kerbau yang diberi sedikit air, kemudian digosok menggunakan ilalang kering. Di sini, Anda bisa memilih tenun khas Suku Sasak dan beberapa kerajinan dari kayu.

  1. Desa Sukarara
desa sukarara lombok
desa sukarara lombok

Tak jauh dari Desa Sade, terdapat satu desa adat lagi bernama Desa Sukarara. Desa Sukarara dikenal sebagai desa pengrajin kain tenun terbesar di Lombok. Banyak wisatawan datang untuk melihat-lihat hasil tenun dan kebudayaan Desa Sukarara yang masih tradisional. Tidak hanya melihat-lihat, Anda bisa juga mencoba menenun bersama para perempuan-perempuan pengrajin tenun Desa Sukarara. Anda juga bisa memakai kostum adat Desa Sukarara sembari berfoto ria di rumah-rumah khas Suku Sasak Sukarara.

  1. Desa Banyumulek
gerabah banyumulek lombok
gerabah banyumulek lombok

Berbeda dengan dua desa sebelumnya, Desa Banyumulek yang berada di Lombok Barat merupakan desa adat dan sentra kerajinan gerabah terbesar di Lombok. Gerabah di desa ini sungguh sangat indah. Apalagi, bangunan-bangunan di Desa Banyumulek juga dihiasi dengan gerabah-gerabah yang menajdikannya semakin unik. Anda yang berkunjung juga bisa belajar langsung membuat gerabah dengan para ahli pengrajin gerabad Desa Banyumulek.

  1. Desa Senaru
desa adat senaru
desa adat senaru

Secara administratif, Desa Senaru terletak di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Desa ini berada di kaki Gunung Rinjani, sehingga bagi Anda yang pernah menanjak Rinjani tentu pernah melewati desa ini. Meski berada cukup jauh dari pusat kota, Desa Senaru memiliki akses yang cukup mudah. Sama seperti desa adat lainnya, rumah-rumah di Desa Senaru masih sangat tradisional dan begitu kental dengan nuansa adatnya. Jika Anda bertandang ke desa ini menjelang hari raya umat Islam, Anda bisa melihat berbagai upacara adat di desa ini yang begitu unik dan sakral.

Perbedaan Antar Desa Wisata Sasak Tour Lombok

Meski sama-sama desa adat yang masih memegang teguh aturan-aturan yang ditetapkan para leluhur, desa ini memiliki perbedaan karakteristik masing-masing. Desa Sade lebih dikenal dengan rumah-rumah adat dan budayanya, Desa Sukarara lebih dikenal dengan kerajinan tenunnya, Desa Bayumulek terkenal dengan kerajinan gerabahnya, dan Desa Senaru begitu dikenal dengan kesakralan dan unsur religinya yang kuat.

Demikian beberapa desa wisata Sasak tour Lombok yang masih sangat kental dengan budayanya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang merencanakan liburan ke pulau Lombok.


Comments are closed.