Menikmati Wisata Budaya di Desa Sukarara

Menikmati Wisata Budaya di Desa Sukarara

Lombok juga memiliki tempat yang akan memuaskan hasrat belanja Anda. Desa Sukarara menyediakan aneka kain tenun khas Lombok yang cantik nan elok. Selain wisata pantai, Anda dapat melakukan wisata budaya di Lombok. Salah satu tepat wisata budaya di Lombok adalah wisata di Desa Sukarara. Sukarara adalah desa kecil yang masih menjunjung tinggi budaya dan adat istiadat.

Tiap wanita yang tinggal di desa ini belajar menenun dari kecil. Kerajinan khas Lombok ini memiliki corak dan kualitas kain yang mengesankan. Anda dapat melihat langsung cara pembuatan kain tenun tradisional satu ini jika mengunjungi Sukarara. Jika Anda melancong ke pulau ini, tidak akan lengkap jika belum singgah di desa cantik ini. Nah, seperti apa sih desa budaya satu ini? Apa saja ya, hal yang dapat kita lakukan jika mengunjungi desa ini? Nah, berikut ulasannya untuk Anda.

LokasiĀ Desa Sukarara

Desa Sukarara
Desa Sukarara Lombok

Untuk mencapai desa Sukarara, Anda dapat berkendara baik dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Bagi Anda yang pergi menggunakan pesawat atau kendaraan umum lainnya, Anda tidak perlu khawatir. Walaupun tidak banyak angkutan umum yang beroperasi di pulau ini, ada banyak tempat penyewaan kendaraan baik roda dua ataupun roda empat dengan harga terjangkau di sini. Anda dapat menyewanya sesuai dengan kebutuhan. Sukarara adalah desa yang terletak di wilayah Jonggat kawasan Lombok Tengah. Jika Anda berkendara dari bandara Lombok, Anda hanya perlu menghabiskan waktu 20 menit. Lokasinya yang sangat dekat dari bandara menjadi alternatif wisata yang mudah dijangkau dan tidak menghabiskan banyak waktu di perjalanan.

Kegiatan di Desa Sukarara

Desa Sukarara Lombok
Desa Sukarara Lombok

Sebagai desa sentra kain tenun, Anda akan mendapati banyak rumah yang memajang banyak kain tenun dengan berbagai macam motif yang siap Anda beli. Desa wisata ini menjadi salah satu desa yang terkenal di Lombok selain Desa Sade dengan rumah adatnya dan Desa Banyumulek dengan kerajinan gerabahnya. Sebagai spesialis kain tenun khas Lombok, desa ini banyak diburu tidak hanya oleh wisatawan, tetapi juga para supplier kain, desainer, dan pecinta fashion. Tidak heran jika desa ini tidak pernah sepi pengunjung setiap tahunnya. Di desa ini ada berbagai kegiatan yang dapat Anda lakukan, yang pasti tidak akan membuat Anda bosan. Adapun berbagai kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Wisata Belanja

Hal ini tentunya wajib dilakukan jika sudah sampai di desa ini. Pilih songket atau kain tenun favorit Anda dengan harga yang relatif terjangkau dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

  1. Mencoba Alat Tenun Tradisional

Selain melakukan wisata belanja, Anda juga bisa mencoba aktivitas menenun dengan peralatan tradisional. Kegiatan tersebut dijamin menjadi kegiatan yang tidak terlupakan. Anda dapat belajar sulitnya menenun benang demi benang untuk menjadi satu kain apik.

  1. Menikmati Pemandangan

Sebagai desa wisata, desa Sukarara tidak hanya memiliki kain tenun sebagai keunggulannya. Desa di Lombok Tengah ini memiliki pemandangan yang asri dan indah. Ada banyak sudut yang cantik untuk diambil gambarnya. Warganya ramah dan terbuka sehingga kita dapat dengan mudah berinteraksi dengan mereka.

Itu tadi kegiatan yang dapat Anda lakukan di desa wisata Sukarara. Bagi Anda yang mengunjungi Desa Sukarara, jangan lupa melakukan tawar menawar pada saat membeli kain tenun. Hal ini membuat Anda dapat memiliki kain tenun idaman dengan harga yang lebih terjangkau mengingat harga di tempat penjualan biasanya bukan harga pas, jadi Anda masih bisa tarik ulur dengan pedagang untuk mendapatkan harga yang pas.


Comments are closed.