Pantai Kuta Lombok Nan Menawan

Pantai Kuta Lombok Nan Menawan

Pantai Kuta Lombok adalah pantai yang tidak hanya menyenangkan untuk berlibur tetapi juga membuat kita dapat mempelajari budaya dan berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Jika berlibur ke Lombok, tidak akan lengkap jika kita tidak mengunjungi deretan pantai yang indah. Ada banyak pantai yang siap memanjakan Anda  dengan segala keindahan dan keunikannya. Jika Anda baru pertama kali mengunjungi pulau cantik satu ini, Anda tidak boleh melewatkan beberapa deretan pantai iconik di Lombok.

Salah satunya adalah pantai Kuta Lombok. Mengapa? Hal ini karena pantai satu ini memiliki keduanya, baik keindahan alamnya serta budaya yang mengikutinya. Ya, tidak seperti di pantai Kuta yang ada di bali yang menjadi salah satu tempat berjemur paling populer, pantai Kuta yang ada Lombok lebih terkenal karena keindahan alam dan budaya serta legenda yang mengikutinya. Jika Anda berlibur di sini di waktu yang tepat, Anda dapat menikmati festival yang diselenggarakan rutin setiap tahun di pantai cantik satu ini.

Legenda pantai Kuta Lombok

pantai kuta lombok
Pantai kuta lombok

Pantai Kuta Lombok menyimpan legenda yang sudah sangat terkenal bahkan oleh wisatawan mancanegara. Kepadatan wisatawan mengunjungi pantai cantik biasanya terjadi pada antara bulan Februari atau bulan maret. Pada bulan tersebut, biasanya akan dilangsungkan festival budaya yang berdasarkan legenda setempat. Keramaian pengunjung pantai tidak hanya oleh wisatawan saja, tetapi juga oleh warga setempat yang akan menyaksikan atau mengikuti festival tersebut. Festival tersebut adalah upacara festival bau nyale. Saat diselenggarakannya festival upacara tersebut, masyarakat akan melakukan perburuan nyale, yaitu sejenis belut laut untuk mencari keberkahan dalam segala hal. Kepercayaan ini berkembang berdasarkan legenda putri Mandalika yang ada di kawasan tersebut.

Kisah putri Mandalika merupakan kisah terkenal yang ada di Nusa Tenggara Barat. Karena kecantikan sang putri, ada banyak pria yang memperebutkannya dan ingin meminangnya. Dari pada memilih salah satnya dan memicu peperangan, putri cantik ini justru memilih lompat ke lautan. Sebelum melompatkan diri, sang putri berjanji untuk kembali pada waktu tertentu setiap tahunnya. Nah, nyale ini dipercaya sebagai bentuk jelmaan sang putri cantik ini. Perburuan nyale dilakukan pada waktu mata hari terbit sekitar pukul 4 sampai dengan 5 pagi di kawasan pantai Kuta. Tidak heran pelaksanaan upacara ini menarik perhatian banyak orang yang memiliki berbagai tujuan, mulai dari tujuan untuk mencari keberkahan atau hanya sekadar ingin menyaksikan festival tersebut.

Hal Menarik Yang Dapat Dilakukan di Pantai Kuta Lombok

pantai kuta lombok
pantai kuta lombok

Selain menyaksikan festival bau nyale, Anda juga dapat melakukan banyak hal di pantai cantik ini. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika tidak dapat mengunjungi pantai ini saat bulan februari atau maret. Pantainya yang indah memiliki garis pantai yang cukup panjang dengan pasir putih yang menawan. Laut di sekitar pantai ini juga memiliki air yang sangat jernih sehingga cocok digunakan sebagai tempat snorkeling atau sekadar berenang di pantai. Bagi Anda yang hobi fotografi, Anda akan dimanjakan dengan banyaknya spot cantik yang siap ditangkap mata kamera Anda. Anda bukit di sekitar pantai yang dapat Anda daki untuk mendapatkan view pantai yang menawan. Dari atas bukit, Anda bahkan dapat melihat kelompok gugus terumbu karang karena air lautnya yang sangat jernih.

Jika Anda datang ke pantai Kuta Lombok, Anda dapat mengunjungi saat waktu festival tiba untuk mendapatkan pengalaman menarik dan mempelajari budaya masyarakat sekitar. Jika Anda ingin mengunjungi pantai dengan suasana yang lebih tenang, Anda dapat menghindari bulan festival tersebut dilaksanakan. Anda bisa pilih mana yang Anda inginkan.


Comments are closed.