Pantai Tanjung Aan, Tempat Wisata Lombok yang Masih Alami

Pantai Tanjung Aan, Tempat Wisata Lombok yang Masih Alami

Keindahan pantai di Pulau Lombok memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Di seluruh bagiannya, Lombok seperti memiliki magnet tersendiri yang dapat menarik para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Terdapat salah satu tempat wisata Lombok yang cukup memukau dan dikenal memiliki keunikan tersendiri yang membuat para wisatawan dari berbagai penjuru negeri hingga dunia ingin berkunjung ke tempat ini. Dia adalah Pantai Tanjung Aan.

Pantai Tanjung Aan adalah salah satu pantai berpasir putih yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah. Istimewanya, pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, sehingga memiliki pemandangan yang menakjubkan sejauh mata memandang. Garis pantainya kurang lebih sepanjang 2 kilometer.

Keistimewaan Pantai Tanjung Aan Sebagai Tempat Wisata Lombok

tempat wisata Lombok
Pantai Tanjung Aan

Sebagai bagian dari Pulau Lombok yang sudah sangat diakui keindahannya hingga mancanegara, Pantai Tanjung Aan memiliki sederet keunikan yang membuatnya berbeda dari pantai-pantai lainnya di Pulau Lombok. Apa saja keunikannya?

  1. Pemandangan dari atas bukit

Selain menikmati deburan ombaknya dari pantai, Anda juga bisa menikmatinya dari atas bukit sembari melihat panorama yang lebih luas. Pantai ini memang dikelilingi bukit dengan rerumputan hijau memukau. Banyak wisatawan yang rela naik ke atas bukit, bahkan membawa tenda, hanya untuk menyaksikan panorama alam yang membius.

  1. Pasir Pantai

Keunikan tempat wisata Lombok Pantai Tanjung Aan yang paling dikenal wisatawan adalah pasir pantainya. Patai Tanjung Aan memiliki dua tekstus pasir berbeda. Pada area pantainya, pasir begitu putih, bersih, dan bertekstur sangat halus layaknya tepung. Menaiki bukit sedikit, pasir berubah menjadi kekuningan dan bertekstur agak kasar, persis seperti merica.

  1. Tanjung

Sesuai dengan namanya, Pantai Tanjung Aan memiliki tanjung. Tanjung inilah yang juga menjadi garis batas antara bertekstur sehalus tepung dengan pasir bertekstur kasar layaknya merica.

  1. Ritual Bau Nyale

Selain memiliki karakteristik yang unik, pantai ini juga dipenuhi mitos tentang legenda Putri Mandalika. Konon, saat dikejar oleh Pangeran yang ingin menikahinya, Putri Mandalika melarikan diri ke atas bukit dan menjatuhkan diri ke laut ini. Kemudian, Putri Mandalika bereinkarnasi menjadi cacing laut. Atas dasar legenda inilah, diadakan sebuah ritual berburu cacing laut atau yang dalam bahasa Sasak disebut Bau Nyale.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Tanjung Aan, Tempat Wisata Lombok Tengah

Suasana pantai Tanjung Aan memang cenderung tidak terlalu ramai seperti pantai-pantai di Lombok pada umumnya. Namun, bukan berarti tidak ada aktivitas seru yang bisa dilakukan di tempat wisata Lombok, Pantai Tanjung Aan. Aktivitas seperti berenang, snorkeling, hingga watersport bisa Anda nikmati di Pantai Tanjung Aan. Bagi Anda yang tidak membawa peralatan snorkeling pribadi, di area sekitar pantai tersedia tempat khusus menyewa peralatan snorkeling.

Saat sore menjelang, ombak relatif tenang, dan air laut mulai pasang, Anda yang gemar berselancar bisa langsung ‘menari-nari’ di atas papan selancar. Ada beberapa spot khusus dan cukup dirahasiakan oleh para langganan peselancar di Pulau Lombok.

Namun demikian, jika Anda hanya ingin sekedar bersantai, tempat ini sungguh sangat cocok untuk relaksasi dari hingar-bingar kota yang membuat kepala Anda penat. Alunan suara ombak yang menyatu dengan hembusan angin pantai yang ringan sangat menyejukkan hati dan pikiran. Anda juga bisa menikmati suasana ini dari atas bukit dengan panorama indah laut biru kehijauan berpadu dengan langit biru muda dan bukit nan hijau. Tunggu apa lagi? Segera kunjungi tempat wisata di Lombok!


Comments are closed.