Destinasi Liburan Lombok Mengunjungi Masjid Bayan Beleq

Destinasi Liburan Lombok Mengunjungi Masjid Bayan Beleq

Sejatinya Lombok tidak hanya menyimpan keindahan pantai dengan panorama menakjubkan. Sebagai salah satu pulau yang masih menjaga erat tradisi, kebudayaan asli Lombok menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin mengenal lebih jauh jejak sejarah religi di pulau seribu masjid ini. Salah satu destinasi liburan Lombok yang tak kalah membuat penasaran adalah Masjid Bayan Beleq.

Masjid Bayan Beleq Destinasi Liburan Lombok Utara Yang Bersejarah

destinasi liburan lombok
Masjid Bayan Beleq

Berbeda dengan Bali yang kental dengan budaya Hindu, Lombok dihuni oleh masyarakat Suku Sasak yang sebagian besarnya memeluk agama Islam. Namun, Islam di Lombok mencirikan keunikan tersendiri. Lombok mengenal dua golongan Islam dalam menjalankan ritual keagamaannya, yaitu penganut Islam yang menjalankan ibadah lima waktu sesuai syariat dan satu lagi ajaran Islam ‘Wetu Telu’ yang mempraktikkan ritual agama Hindu, Budha, dan animisme secara bersamaan. Konon, praktik ajaran Islam ‘Wetu Telu’ merupakan sebuah proses Islamisasi yang belum tuntas saat Islam pertama kali diperkenalkan oleh Sunan Perapen ke tanah Lombok.

Masjid Kuno Bayan Beleq sendiri merupakan bukti awal berkembangnya Islam di Pulau Lombok. Letak masjid ini tepatnya di Desa Bayan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Di tempat inilah, Islam pertama kali diperkenalkan di Pulau Lombok dan Masjid Bayan Beleq merupakan masjid yang pertama kali berdiri di Pulau Lombok.

Meski sudah berdiri sejak abad ke-17 (kurang lebih sejak 400 tahun lalu), masjid ini masih berdiri kokoh di atas bukit kecil dengan ketinggian kurang lebih 355 meter di atas permukaan laut. Gaya arsitekturnya merupakan campuran adat Hindu Bali dengan Islam Jawa dan dibangun tanpa menggunakan paku sama sekali. Dindingnya terbuat dari anyaman bambu dengan ketinggiannya hanya sekitar 1,5 meter, yang berarti lebih rendah dari rata-rata tinggi orang Indonesia. Bagian atasnya dibuat cukup tinggi dengan 4 tiang kayu penyangga di dalamnya. Atapnya terbuat dari pohon rumbia yang dikeringkan dengan lantai tanah yang dipadatkan. Ada sedikit ornamen bebatuan menghiasi dinding bagian bawahnya dan pada bagian tangga menuju pintu masuk. Terdapat satu buah bedug yang menggantung di dalam masjid ini.

Masjid Bayan Beleq Destinasi Liburan Lombok yang Wajib Dikunjungi

masjid bayan beleq lombok
masjid bayan beleq lombok

Para wisatawan yang menjadikan Masjid Bayan Beleq sebagai destinasi liburan Lombok kemungkinan besar tidak bisa masuk ke dalam masjid. Masjid Bayan Beleq memang memiliki akses yang terbatas, tak sembarang orang bisa masuk ke dalamnya. Hanya para pemuka agama setempat dan perwakilan kepala daerah saja yang diperkenankan untuk masuk ke dalam masjid ini. Bahkan, masyarakat lokal sendiri tidak lagi menggunakannya.

Hal ini dilakukan untuk menjaga kelestarian Masjib Kuno Bayan Beleq yang telah ditetapkan sebagai cagar budaya. Sebab, masjid ini cukup kecil dan hanya mampu menampung sekitar 40 orang jamaah. Maka, selain pemuka agama, masyarakat hanya diwakilkan oleh para kepala daerah setempat saja.

Masjid ini akan kembali ramai saat perayaan hari besar agama Islam, seperti Maulid Nabi Muhammad. Peringatan ini biasanya dilangsungkan selama dua hari di Masjid Bayan Beleq. Pada saat inilah, masjid akan dipenuhi warga dan wisatawan. Namun, para pengunjung yang ingin mengikuti prosesi upacara tidak bisa sembarangan hadir. Mereka wajib mengikuti peraturan yang telah ditetapkan, terutama dari segi pakaian. Seluruh pengunjung yang hadir wajib mengenakan pakaian adat Sasak, baik laki-laki maupun perempuan.

Karenanya, bagi para wisatawan yang menjadikan Masjid Bayan Beleq sebagai destinasi liburan Lombok, baiknya datang saat perayaan hari besar tersebut.


Comments are closed.