Liburan di Lombok Utara Mengunjungi Desa Senaru yang Unik

Liburan di Lombok Utara Mengunjungi Desa Senaru yang Unik

Saat mendengar kata Lombok pasti yang terlintas di pikiran Anda adalah pantai dan puluhan gilinya yang menakjubkan. Destinasi liburan di Lombok memang tak lepas dari keindahan alam yang begitu memukau hingga ke panorama pedesaannya. Desa Senaru hanyalah satu dari banyaknya desa dengan panorama indah di daerah Lombok.

Desa Senaru merupakan salah satu desa adat di Lombok. Desa Senaru masuk ke wilayah Kabupaten Lombok Utara yang letaknya di kaki Gunung Rinjani, tepatnya pada ketinggian 601 mdpl. Aksesnya tidak terlalu sulit. Hanya saja, jika Anda menaiki kendaraan umum, kendaraan dari Mataram ke Desa Senaru tidak terlalu banyak. Namun, jika Anda berangkat dari Bali, ada beberapa pilihan transportasi yang bisa digunakan untuk menuju lokasi Desa Senaru.

Kegiatan Saat Liburan di Lombok Utara di Desa Senaru

liburan di Lombok
desa adat senaru

Bagi mereka para pecinta alam yang hobi mendaki gunung, Desa Senaru dikenal sebagai pintu masuk salah satu jalur pendakian Gunung Rinjani, Lombok. Lokasinya yang berada di kaki gunung membuat Desa Senaru dikelilingi pemandangan kehijauan yang menakjubkan. Tak hanya dikenal dengan wisata alamnya, Desa Senaru juga kerap dikenal dengan wisata budayanya dan banyak dikunjungi para wisatawan yang menghabiskan Tour Lombok bersama keluarga tercinta.

Sama seperti beberapa desa adat lainnya di Lombok, budaya dan religi di Desa Senaru masih cukup kental. Apalagi, Desa Senaru letaknya sangat berdekatan dengan Desa Bayan yang terdapat Masjid Kuno Bayan Beleq, masjid pertama dan tertua yang dibangun di tanah Lombok. Masjid ini juga merupakan simbol masuknya Islam ke Pulau Lombok.

Belum puas berwisata budaya di Desa Senaru dan sekitarnya, Anda juga bisa menginap di desa ini sembari mempelajari budayanya lebih dalam lagi. Ada beberapa homestay yang disediakan di Desa Senaru. Menginaplah semalam, maka Anda akan lebih dapat memahami adat dan tradisi Desa Senaru. Sebaiknya, mengunjungi Desa Senaru dilakukan pada waktu-waktu perayaan, seperti saat hari besar Islam. Sebab, di Desa Senaru dan sekitarnya akan digelar beberapa upacara yang bisa Anda ikuti. Namun, Anda harus mengenakan pakaian khusus adat jika ingin berbaur di dalamnya.

‘Sekali mendayung, dua-tiga pulau terlampaui’. Rasanya peribahasa ini cocok untuk menggambarkan keadaan saat Anda mengunjungi Desa Senaru. Sebab, sekali berkunjung ke Desa Senaru Anda bisa sekaligus mengunjungi dua tempat wisata lainnya, yaitu Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep yang begitu segar dan menakjubkan.

Mampir ke Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep, Tempat Liburan di Lombok Utara

Air Terjun Sendang Gile
Air Terjun Sendang Gile

Tak jauh dari Desa Senaru, Anda akan dimanjakan dengan dingin dan segarnya Air Tejun Sendang Gile. Untuk menuju ke tempat ini, Anda tidak perlu melewati hutan belantara atau sungai. Anda hanya perlu menapaki sejumlah anak tangga. Semakin dekat dengan air terjun, Anda akan mendengar suara derasnya air jatuh dan menemukan sejumlah tanaman rindang menyejukkan.

Air Terjun Sendang Gile memiliki daya tarik luar biasa dari pemandangan alamnya yang hijau. Tinggi air terjun ini kurang lebih sekitar 30 meter. Air terjun ini cukup digemari wisatawan, karena air terjunnya yang bersahabat dan bisa dijadikan sebagai sarana pijat alami.

Dari Sendang Gile, Anda bisa melanjutkan perjalanan untuk melihat indahnya Air Terjun Tiu Kelep. Medannya cukup berbeda dari akses ke Sendang Gile. Menuju Tiu Kelep, Anda akan menapaki sejumlah anak tangga, jalan setapak yang cukup licin, saluran irigasi, dan melewati aliran sungai berarus deras. Jadi, bersiaplah basah sebelum akhirnya tiba di Tiu Kelep yang indah.


Comments are closed.