Tour Lombok Melihat Budaya di Desa Sukarara

Tour Lombok Melihat Budaya di Desa Sukarara

Traveling adalah cara yang paling menyenangkan untuk mengisi waktu liburan, baik liburan akhir pekan maupun libur-libur yang lainnya, termasuk cuti kerja. Dengan traveling, ada banyak hal yang bisa kita dapatkan, mulai dari pengalaman, ketemu dengan orang-orang baru, mengenal budaya baru, mengurangi stress, belajar beradaptasi, meningkatkan kemampuan berkomunikasi, hingga belajar bahasa bahasa baru (terutama).

Yang kamu perlu pastikan dan rencanakan sebelum menjalankan liburan tersebut. Kamu perlu memikirkan apakah akan berlibur memakai jasa tour and travel atau tidak? Sisi nyaman dari memakai tour and travel adalah kamu tidak perlu repot-repot untuk melakukan booking kamar hotel ataupun penginapan, karena semua telah disediakan dari tour and travel tersebut.

tour lombok

Seperti tour Lombok, jika kamu sudah memutuskan untuk berlibur ke Lombok dan memakai jasa tour and travel. Maka nantinya kamu akan mendapat tawaran paket mulai dari transportasi, penginapan, makan, dan tempat-tempat yang akan dikunjungi.

Namun, jika memakai jasa tour and travel tersebut telah memiliki jadwal dan waktu yang diatur. Sehingga kamu tidak dapat sesuka hati berlama-lama disatu tempat karena kamu juga harus mengikuti jadwal yang telah diataur tersebut. Apalagi jika kamu memutuskan untuk tour Lombok, sangat tepat memakai jasa tour and travel agar dapat mengunjungi banyak tempat wisata disana.

Selain itu, jika kamu tidak memiliki teman untuk berlibur dikarenakan waktu kamu dengan temanmu yang selalu tidak pas. Maka kamu dapat memakai jasa tour and travel. Nantinya kamu akan mendapatkan teman saat berangkat kesana dengan tujuan wisata liburan yang sama, sehingga kami tidak merasa kesepian saat berlibur.

Desa Sukarara Menjadi Pilihan Wajib Saat Tour Lombok

Jika kalian memilih tour  Lombok maka Desa Sukarara cocok untuk dikunjungi. Desa Sukarara merupakan salah desa sadar wisata tenunan yang ada di Lombok, selain Desa Sade dan Desa Banyumule. Desa Sukarara terletak di Kabupaten Lombok Tengah Kecamatan Jonggat, Lombok. Sukarara adalah sebuah desa yang terkenal dengan kerajinan tenun tradisional atau songket.

Memilih tour  Lombok sebagai perjalanan berlibur memang sangat tepat. Karena kamu dapat membeli tenunan khas  Desa Sukarara . Hasil tenunan khas Sukarara adalah Sarung Songket. Biasanya sarung tersebut digunakan pada saat upacara adat, seperti pesat besar atau begawe beleq. Tenun merupakan pekerjaan utama bagi penduduk permpuan desa tersebut selain bertani.

Di sepanjang jalan desa ini banyak toko-toko yang menjual kain tenun dari desa setempat maupun dari desa sekitarnya. Para wanita di desa dengan pakaian adat Sasak selalu siap mendemontrasikan ketrampilan mereka.

Namun selain kain songket yang dikenal saat ini ternyata banyak para wanita yang masih melakukan kegiatan menenun ini dengan cara tradisional, klasik alias cara zaman duhulu kala. Di samping untuk menjaga adat istiadat juga sebagai daya tarik wisata. Pembuatan kain tenun cara klasik atau tradisional ini adalah dari mempersiapkan pembuatan benang serta pembuatan zat warna.

Pembuatan benang secara tradisional dengan menggunakan pemberat yang diputar-putar dengan jari-jari tangan, pemberat tersebut berbentuk seperti gasing terbuat dari kayu. Bahan membuat benang selain kapas, kulit kayu, serat pisang, serat nanas, daun palem dsb. Pembuatan zat warnanya terdiri dari dua warna biru dan merah. Warna biru didapatkan dari indigo atau Mirinda Citrifonela atau mengkudu. Selain itu ada pewarna dari tumbuhan lain seperti kesumba (sono keling).

Benang tersebut sengaja dibuat menggunakan bahan-bahan tradisional agar dapat menghasilkan warna yang indah dan tahan lama. Sehingga menarik daya tarik wisatawan ke desa tersebut.

Bila kamu pergi untuk Paket tour Lombok sangat tepat untuk menjadikan songket khas  Desa Sukarara sebagai oleh-oleh yang dapat dibagikan kepada keluarga maupun kerabat.


Comments are closed.