3 Desa Wisata di Lombok yang Asri dan Tradisional

3 Desa Wisata di Lombok yang Asri dan Tradisional

Pergi wisata Lombok tentu menjadi ide terbaik bagi keluarga. Selain bisa menikmati keindahan alam di pulau Lombok, Anda juga bisa mengajak seluruh anggota keluarga untuk mengenal lebih dalam tentang keanekaragaman hayati yang ada di pulau ini. Perlu diketahui bahwa Lombok merupakan salah satu pulau yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Lombok sudah lama dikenal sebagai destinasi wisata yang masih asri.

Selain pulau Bali, Lombok juga kerap menjadi tujuan para turis asing yang ingin mencari liburan anti-mainstream. Pesona wisata di Indonesia memang luar biasa karena ada ratusan destinasi, budaya, hingga kuliner yang bisa dicoba saat berlibur bersama teman atau keluarga. Khusus bagi Anda yang sudah berkeluarga dan ingin memperkenalkan secara langsung budaya yang ada di Indonesia, Lombok pun bisa menjadi tujuan terbaik.

wisata di Lombok

Selain keindahan alamnya yang tak tertandingi, Lombok juga memiliki desa wisata yang patut dikunjungi. Pergi wisata di Lombok tentu saja tidak melulu soal melihat keindahan alam. Tapi ada juga sisi unik yang bisa dipelajari saat Anda berada di sini. Bagi Anda yang ingin memperkenalkan warisan tradisi yang ada di pulau Lombok kepada anak-anak tercinta, pastikan untuk datang ke desa wisata yang ada di Pulau Lombok.

Desa Wisata di Lombok

Berikut daftar desa yang akan menawarkan tradisi dan gaya hidup yang dianut oleh masyarakat setempat.

  • Desa Sade

Desa wisata yang satu ini merupakan tempat tinggal asli suku sasak. Jika Anda datang ke pulau Lombok, pastikan untuk datang mengunjungi Desa Sade yang akan membuka mata Anda tentang gaya hidup masyarakat tradisional yang mendiami wilayah tersebut. Hanya membutuhkan waktu 30 menit dari Bandara Internasional Lombok, Anda bisa menuju desa yang terkenal karena kain tenun khas Lombok.

Kain tenun khas Lombok bisa menjadi cinderamata untuk sanak saudara di rumah. Selain itu, Anda pun bisa mengenalkan cara pembuatan kain tenun khas Lombok yang dibuat secara langsung dengan cara tradisional. Ini akan membantu anak untuk mengenal budaya di Indonesia.

  • Desa Sukarara

Lokasi Desa Sukarara berada di wilayah Jonggat, Lombok Tengah. Sama seperti desa Sade, sebagian besar penduduk yang mendiami desa tradisional ini merupakan suku sasak. Wisata di Lombok tak lengkap jika tidak mengunjungi desa Sukarara yang juga dikenal sebagai tempat terbaik membeli kain songket khas Lombok.

Meski wilayahnya tidak begitu besar, tapi keindahan alam di desa ini pun patut diacungi jempol. Di desa Sukarara Anda pun bisa langsung menyaksikan bagaimana cara pembuatan kain songket khas Lombok yang biasanya digunakan menjadi sarung. Selain itu, ada beberapa cinderamata yang bisa Anda beli di sekitarnya.

  • Desa Banyumulek

Berbeda dengan dua desa tradisional yang sudah disebutkan diatas, Desa Banyumulek dikenal sebagai desa penghasil gerabah. Bahkan sejak pertama kali menginjakkan kaki di desa ini, Anda akan disambut dengan tulisan “Sentra Kerajinan Gerabah Banyumulek.”

Bagi Anda yang sedang mencari gerabah dari tanah liat dengan bentuk yang unik dan penuh warna, ada banyak pilihan gerabah yang bisa dibawa pulang sebagai hiasan rumah Anda.

Wisata di Lombok tentu akan lebih berkesan jika Anda mengunjungi salah satu desa tradisional tersebut. Dengan melihat langsung gaya hidup mereka, Anda pun memiliki sudut pandang berbeda tentang kehidupan di pulau Lombok. Jangan lupa beli oleh-oleh saat mengunjungi desa wisata di Lombok sebagai bentuk apresiasi kepada para penduduknya.

Comments are closed.