4 Objek Wisata Lombok sebagai Tempat Wisata Budaya

4 Objek Wisata Lombok sebagai Tempat Wisata Budaya

Berwisata bersama keluarga merupakan moment yang sangat ditunggu-tunggu. Maka dari itu tidak ada salahnya melakukan perjalanan wisata budaya ke Lombok. Selain sebagai tempat wisata, objek wisata Lombok juga akan menambah pengetahuan budaya Anda sekeluarga melalui objek wisata budaya yang ada di Lombok.

Objek Wisata Lombok untuk Tujuan Berlibur

Saat musim libur telah tiba, Anda tentu telah merencanakan jauh-jauh hari tentang liburan bersama keluarga. Jika Anda masih bingung menentukan akan berlibur dimana bersama keluarga Anda, maka Anda cukup banyak objek wisata Lombok yang menawarkan spot-spot menarik yang dapat Anda kunjungi untuk menghabiskan waktu berlibur Anda bersama keluarga tercinta. Berikut adalah beberapa spot wisata di Lombok yang bisa Anda pertimbangkan sebagai tujuan wisata Anda bersama keluarga. Tidak hanya menikmati waktu berlibur saja, tapi juga sekaligus menjadi wahana dalam menambah pengetahuan tentang kebudayaan masyarakat Lombok.

3 Objek Wisata Lombok yang Wajib Dikunjungi

  1. Desa Sade
wisata lombok
wisata lombok desa sade

Objek wisata Lombok yang pertama adalah Desa Sade yang terkenal sebagai desa yang masih mempertahankan adat asli suku Sasak. Suku Sasak merupakan suku asli Lombok yang memiliki berbagai macam tradisi yang khas, Desa Sade ini terletak dekat dari jalan raya di Desa Rembitan, Pujut, Lombok Tengah, namun Anda masih bisa menemukan keaslian adat dan tradisinya mulai dari bentuk bangunan tradisional suku Sasak yang masih mereka pertahankan, aktivitas menenun songket, mengepel lantai menggunakan kotoran sapi, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa membeli berbagai macam souvenir untuk oleh-oleh yang dijual oleh penduduk setempat sebagai sumber penghasilan mereka.

  1. Desa Sukarara
desa sukarara lombok
desa sukarara lombok

Objek wisata Lombok berikutnya adalah Desa Sukarara yang sangat terkenal dengan hasil kerajinan tenun yang sangat khas dengan motif danĀ  warna- warna cerahnya, mayoritas perempuan di desa ini pandai menenun karena hal tersebut merupakan syarat wajib bagi para perempuan di desa tersebut jika ingin menikah. Desa Sukarara terletak di Kabupaten Lombok Tengah, Kecamatan Jonggat, Lombok, hasil tenunan para perempuan-perempuan Desa Sukarara kebanyakan berbentuk songket atau sarung yang akan digunakan dalam upacara- upacara adat. Jika Anda berkunjung ke Desa Sukarara, Anda akan mendapati banyak toko- toko yang menjual hasil tenun mereka dan bisa Anda beli sebagai oleh-oleh khas Lombok.

  1. Desa Senaru
desa adat senaru
desa adat senaru

Para pendaki gunung Rinjani sudah tentu tau tentang Desa Senaru yang sering kali dijadikan titik awal bagi para pendaki Gunung Rinjani, namun tidak hanya sebatas para pendaki saja, Desa Senaru juga sering dikunjungi oleh para wisatawan untuk menikmati pemandangan alamnya yang terkenal indah dan sejuk, terlebih Desa Senaru yang masih mempertahankan lingkungan pedesaan dengan rumah-rumah tradisional Lombok yang beratapkan daun rumbia kering, berdindingkan anyaman bambu, dan beralaskan tanah liat. Desa Senaru juga terkenal dengan objek wisata alamnya seperti air terjun Tiu Kelep dan air terun Sendang Gile. Di desa tersebut juga terdapat masjid Bayan Beleq sebagai masjid tertua di Lombok.

  1. Desa Banyumulek

Destinasi wisata Lombok terakhir yang layak Anda kunjungi adalah desa Banyumulek yang terkenal sebagai desa gerabah Lombok. Desa Banyumulek terletak di Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Saat berkunjung ke desa ini Anda akan merasakan suasana sentra gerabah yang sangat khas dengan bangunan- bangunan pemerintahannya yang banyak dihiasi dengan gerabah, selain itu Anda bisa berbelanja souvenir gerabah dengan berbagai bentuk dan ukuran di showroom atau gallery-gallery yang banyak terletak di sisi kiri dan kanan sepanjang jalan desa Banyumulek.

Itulah daftar objek wisata Lombok yang dapat Anda masukkan ke dalam daftar tempat-tempat wisata budaya yang akan Anda lakukan bersama keluarga Anda di Lombok.


Comments are closed.