Masjid Bayan Beleq Situs Bersejarah di Lombok Utara

Masjid Bayan Beleq Situs Bersejarah di Lombok Utara

Setelah menjalani rutinitas sehari-hari yang cukup melelahkan, mungkin terbesit keinginan untuk berwisata ke tempat eksotis seperti Pulau Lombok. Nah, untungnya, Anda dapat menemukan banyak referensi bagus untuk menghabiskan liburan seperti pantai, desa lokal, bahkan spot-spot wisata religi. Jika Lombok Barat terkenal dengan pantainya, maka di Lombok Utara Anda dapat menjumpai Masjid Bayan Beleq (menjadi salah satu daya tarik wisata menarik disana). Secara umum, masjid kuno ini menjadi situs sejarah penting karena memiliki nilai historis serta desain yang unik.

Berangkat Menuju Masjid Bayan Beleq

Masjid Bayan BeleqSesuai dengan namanya, masjid ini terletak di Kecamatan Bayan dan masuk dalaam wilayah Lombok Utara. Jika Anda berangkat dari Kota Mataram, perjalanan akan memakan waktu setidaknya 2-3 jam, tergantung dari kondisi lalu lintas maupun kendaraan yang Anda gunakan. Jarak antara Mataram dan Bayan adalah 81.5 km, jadi sedikit butuh waktu untuk sampai kesana. Namun jika Anda mencari rute terbaik, maka pilihan yang tepat adalah Jalan Raya Mataram dan Jalan Raya Bayan.

Deskripsi Bangunan Masjid Bayan Beleq

Wisata Masjid Bayan BeleqSetelah sampai di lokasi, maka Anda bisa melihat sebuah bangunan tua yang telah menjadi saksi bisu perkembangan agama Islam di Lombok. Belum ada informasi pasti seputar kapan dibangunnya masjid ini, namun dapat dipastikan sudah berumur lebih dari 100 tahun. Karena memiliki nilai historis, semakin banyak turis berdatangan ke lokasi hanya untuk melihat keunikan serta menggali informasi sejarah yang ditawarkan.

Dari segi ukuran, luas Masjid Bayan Beleq sekitar 9 x 9 m2 dan terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti bambu dan ijuk. Jika Anda perhatikan pada bagian dindingnya, kontur rendah membuatnya unik atau berbeda dengan masjid-masjid pada umumnya. Pada bagian atap, Anda bisa melihat desain tumpang yang disebut dengan santek, dan terbuat dari bilah-bilah bambu. Sedangkan pada bagian lantai, tidak ada keramik karena hanya ada lantai tanah disana. Fitur lain adalah formasi batu kali pada bagian muka masjid ini. Secara keseluruhan, desain bangunan masjid hampir mirip dengan rumah tradisional yang bisa Anda temukan di Desa Bayan. Satu lagi, di sekeliling bangunan, pohon-pohon rindang yang menambah kesan nyaman pada lokasi tersebut.

Setelah menyaksikan keindahan Masjid Beleq dari luar, Anda perlu melanjutkan eksplorasi yaitu pada bagian interior bangunan. Fitur paling menonjol adalah sebuah bedug kayu yang tergantung disana. Berikutnya ada 4 tiang penyangga yang memiliki diameter sekitar 25 cm dan tinggi 4,5 meter. Ada makna dari keempat tiang itu, yaitu mewakili emoat dusun bernama Bilok Petung, Terengan, Senaru, dan Semokon. Dari segi warna, Anda akan melihat fitur warna merah yang mewakili keberanian warga lokal atas keteguhan mereka untuk mempertahanka budaya serta agama yang mereka yakini.

Makam –Makam Kuno Bersejarah

Selain itu, Anda akan menemukan sebuah makam kuno yang tidak lain merupakan makam Gaus Abdul Rozak. Dia dikenal sebagai orang yang menyebarkan agama Islam pertama kali di Lombok Utara! Ini menjelaskan kenapa warga lokal sering berkunjung ke lokasi dan melakukan ziarah. Sebagai turis, Anda juga diperbolehkan melakukan hal yang sama kok.Yang terpenting, jangan buat gaduh dan tetap jaga kebersihan disana. Selain makam utama tadi, terdapat pula beberapa makam tokoh-tokoh agama yang terdapat di gubuk kecil yang berada di sisi masjid.

Ada satu peraturan khusus bagi turis yang ingin masuk ke dalam masjid ini. Menurut warga lokal, butuh ijin istimewa untuk bisa menginjakkan kaki disana. Ini karena peraturan menjelaskan hanya kyai dan para keturunan penghulu yang boleh masuk kesana. Syarat yang lain adalah pakaian khusus yang wajib dikenakan yaitu dodot berwarna merah dan kain putih. Faktanya, tidak diperbolehkan untuk memakai pakaian modern seperti celana dan lain sebagainya, sebagai rasa hormat pada bangunan suci bersejarah ini.

Salah satu daya tarik terbaik Masjid Beleq tentu saja adanya mitos yang menyelubungi bangunan tersebut, terutama pada makam Sesait. Jika Anda gali informasi dari warga lokal, ada mitos menyebutkan bahwa semua keturunan Sesait akan mendapat bencana besar jika tidak merawat atau sering berziarah kesana. Apa Anda percaya?

Dengan secuil informasi ini, setidaknya Anda bisa mendapatkan sedikit gambaran tentang Masjid Bayan Beleq sebelum berkunjung dan mampir kesana dalam liburan Anda di Pulau Lombok. Karena dianggap tempat suci dan bersejarah, selalu patuhi peraturan lokal yang ada ya! Jangan lupa juga untuk bagikan informasi ini ke keluarga, saudara, maupun teman Anda.

Comments are closed.