Kuliner Wisata Lombok Yang Harus Anda Ketahui Dan Coba

Kuliner Wisata Lombok Yang Harus Anda Ketahui Dan Coba

Siapa yang tidak ingin mencoba kuliner wisata Lombok yang cukup terkenal di beberapa daerah ini. Akan hambar rasanya bagi anda yang berkunjung ke Lombok namun tidak mencicipi masakan khas Lombok. Lombok memang terkenal dengan pantainya yang cukup bagus dengan pasir putihnya. Daerah Lombok akan ramai dikunjungi wisatawan saat menjelang akhir tahun dan liburan anak sekolah. Ini akan menjadi penghasilan bagi para masyarakat Lombok, seperti pedangan kuliner, angkutan umu, hingga penjual bensin eceran. Jika dilihat dari secara keseluruhan bahwa Wisata Lombok termasuk ke dalam provinsi Nusa Tenggara Barat. Untuk luas pulau Lombok ± 5435 km2 yang merupakan pulau terbesar ke 108 di dunia. Pulau Lombok ini juga terdiri dari 5 kota seperti Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, serta Lombok Utara. Penduduk pulau Lombok berkisar 3 juta jiwa dengan di dominoasi 80 % penduduk asli Lombok. Suku Sasak merupakan nama suku asli Lombok. Sasak sendiri berasal dari kata Sak – Sak yang memiliki arti sampan. Konon dahulu nenek moyang selalu menggunakan sampan untuk mengelilingi daerah Lombok.

4 Kuliner Wisata Lombok

Wajib bagi pengunjung untuk merasakan kuliner wisata Lombok yang beraneka ragam dan harganya pun terjangkau denga kantong. Adapun aneka ragamnya seperti, :

  • Makanan Plecing Kangkung

Mungkin dalam benak anda agak sedikit aneh yaa untuk makanan yang satu ini. Bahan utama dari makanan ini yaitu berasal dari kangkung yang direbus dengan aneka beberapa tambahan lainnya seperti cabe rawit, tomat, serta garam. Jika anda sudah mencobanya pasti akan merasakan perbedaan pada kangkung yang biasa dimakan. Yups, kangkung Lombok memang berbeda dengan daerah lainnya. Plecing Kangkung juga bisa anda tambahkan dengan kacang goreng dan toge. Lalu bagaimana untuk menemukan makanan ini ? Plecing kangkung bisa ditemukan di setiap rumah makan di Lombok. Adapun rumah makan yang cukup terkenal yaitu rumah makan Dua – EM yang terletak di jalan Transmigrasi 99 Mataram. Harga bersahabat kisaran Rp 10.000 – Rp 20.000 /porsinya.

  • Makanan Sate Bulayak

Mendengar namanya saja sudah cukup aneh di telinga. Yups, sate bulayak ini memang juga termasuk kuliner asal Lombok. Bulayak itu lontong yang telah dibungkus dengan daun enau atau daun aren dengan bentuk memanjang atau lonjong, sehingga untuk cara membukanya harus diputar – putar. Lalu untuk satenya merupakan sate daging sapi yang telah dicampurkan dengan bumbu khas warga Sasak. Bagi yang bingung dengan cara memakannya, anda bisa mencocol bulayak ke dalam bumbu sate, lalu setelah itu makanlah satenya. Uniknya disini pedagang tidak akan menyediakan sendok atau garpu yang biasa digunakan sebagai alat bantu saat makan. Untuk menemukan pedagang sate bulayak mudah saja bisa ditemukan di daerah Pura Lingsar, Taman Narmada, serta Taman Suranadi.

Ketagihan Kuliner Wisata Lombok

Kurang memang rasanya jika hanya sekali saja mengjunjungi tempat kuliner wisata Lombok. Kuliner Lombok memang memiliki cita rasa yang sungguh luar biasa dengan ciri khas masakan dari warga Sasak. Makanan Lombok juga masih menggunakan bahan – bahan tradisional rempah – rempah untuk menciptakan cita rasa yang khas. Tidak sembarangan orang bisa memasak masakan khas Lombok. Jangan lupa abadikan foto – foto anda berlibur mengunjungi Lombok. Ceritakan kepada orang lain tentang indahnya kuliner, pantai, serta budaya Lombok. Selamat berlibur.


Comments are closed.