Daya Tarik Wisata Budaya Lombok

Daya Tarik Wisata Budaya Lombok

Wisata Lombok memang tak bisa dilepaskan dengan pesona pantainya yang begitu eksotis. Namun bila berkunjung ke suatu daerah alangkah baiknya Anda sedikit paham tetang kearifan budaya lokalnya. Di Lombok Anda dapat mendapatkan pengalaman mengenal suku asli Lombok beserta budayanya. Perjalanan wisata budaya Lombok dapat Anda temukan pada bagian selatan Pulau Lombok. Desa di bagian selatan ini telah banyak di kenal wisatawan akan kegiatan yang khas dan hasil kerajinan yang memang sudah turun menurun.

Wisata Budaya Lombok
Wisata Budaya Lombok

Desa Sade Wisata Budaya Lombok, Mengenal Suku Asli Lombok

Hal pertama bila sampai di Desa ini adalah rumah-rumah tradisional tempat tinggal suku asli Lombok. Desa Sade menjadi wisata budaya Lombok yang mudah dicari karena letaknya yang berada di pinggir jalan ketika Anda menuju Pantai Kuta Lombok. Artinya tempat ini sangat mudah dijangkau untuk para wisatawan yang ingin sekadar berkunjung di desa ini. Suku Sasak lah yang meninggali Desa Sade ini. Di desa ini terlihat jelas masih mempertahankan tradisi asli masyarakat yang telah terjalin sejak dahulu. Sebagian besar masyarakat adalah petani dan pengrajin. Setiap oleh pengunjung akan disambut hangat oleh masyarakat di sana.

desa sade di lombok
desa sade di lombok

Ketika mulai masuk biasanya terdapat penduduk yang memang siap untuk memandu dan menjelaskan tentang Desa Sade. Beberapa anak-anak juga mulai menyerbu Anda untuk menawarkan kerajianan. Hal yang paling menyita perhatian adalah rumah adat yang benar-benar masih tradisional. Rumah beratap jerami dengan dinding anyaman bambu serta lantai rumah yang terbuat dari kotoran kerbau yang telah dicampur tanah dan jerami memang patut menjadi wisata budaya Lombok yang unik. Meski lantai terbuat dari kotoran kerbau namun di sana tak tercium bau dari kotoran. Arsitektur yang mungkin sudah jarang ditemukan ini dapat menjadi spot menarik bagi liburan Anda.

Mengenal Wisata Budaya Lombok Menenun serta Kerajian Gerabah

Berada cukup dekat dengan Desa Sade dimana desa satu ini terkenal akan kain tenun khas Lombok. Desa Sukarara merupakan desa penghasil tenun tradisional khas Lombok. Hampir aktivitas masyarakat di sana adalah menenun. Ketika menenun masyarakat Desa Sukarara ini masih menggunakan alat tradisional yang berbahan kayu. Inilah yang menjadi daya tarik wisata budaya Lombok Desa Sukarara ini. Hasil tenunnya dapat berupa pakaian khas Lombok, selimut, selendang, taplak meja, dan kain tenun dengan berbagai motif. Meski dari segi alat yang sederhana serta pewarna kain alami namun tenunan yang dihasilkan berkualitas. Anda juga dapat mencoba menenun kain ini dengan dibantu arahan dari para pengrajin.

desa sukarara lombok
desa sukarara lombok

Lain halnya dengan Desa Banyumelek yang memiliki daya tarik kerajinan gerabahnya. Desa ini menjadi pusat kerajian gerabah di Lombok. Hampir seluruh desa ini dihiasi pemandangan suasana pembuatan gerabah. Sepanjang jalan di desa dipenuhi galeri gerabah yang dijadikan penghasilan utama penduduk desa. Bermacam-macam gerabah dapat Anda temukan baik dari segi motif, warna dan ukurannya. Variasi gerabah di Desa Banyumelek seperti vas, celengan, kap lampu, hiasan dinding,gentong, dan masih banyak lagi. Tak hanya melihat barang saja namun Anda dapat melihat proses pembuatannya. Hal yang unik dalam pembuatan gerabah ini masyarakat tidak menggunakan alat ukur dalam membentuk gerabah. Wisata budaya Lombok kerajinan gerabah ini memang mempertahankan tradisi turun menurun dengan menggunakan alat-alat sederhana. Anda perlu meluangkan waktu berlibur Anda untuk berkunjung pada desa-desa di Lombok agar mendapatkan suasana berlibur yang beda.

Comments are closed.