Tempat Berbelaja Oleh Oleh di Lombok

Tempat Berbelaja Oleh Oleh di Lombok

Kegiatan terakhir sebagai penghujung rangkaian liburan umumnya adalah berbelanja oleh-oleh. Terutama apabila kita berlibur di Pulau Lombok untuk merilekskan pikiran dari rutinitas sehari-hari. Setelahnya, kita bisa mampir untuk membeli oleh oleh di Lombok. Banyak oleh-oleh khas Lombok yang bisa kita dapatkan untuk keluarga ataupun kerabat sekembalinya ke kampung halaman. Ragam oleh-oleh yang bisa didapatkan di Lombok juga sangat beragam. Mulai dari kain khas Lombok sampai gerabah. Harga barang-barang ini juga termasuk terjangkau karena merupakan kerajinan daerah sehingga terjangkau. Barang-barang ini termasuk unik dan khas karena hanya bisa ditemukan di Pulau Lombok. Menariknya, kita bisa membeli oleh-oleh ini sembari berwisata ke desa tradisional tempat pembuatannya.

oleh oleh di lombok
oleh oleh di lombok

Kain Tenun Desa Sukarara sebagai Oleh Oleh di Lombok

Oleh oleh di Lombok yang pertama adalah kain tenun yang merupakan kerajinan khas Desa Sukarara. Desa ini terkenal sebagai penghasil kain tenun tradisional khas Pulau Lombok. Kehidupan penduduknya juga mayoritas dihabiskan untuk menenun kain yang akan dijual, baik dalam bentuk kain maupun pakaian jadi. Uniknya, proses penenunan masih menggunakan alat tradisional. Bahannya dari kayu dan sistemnya juga sangat sederhana. Berbagai hasil tenunan di antaranya adalah selimut, taplak meja, selendang dan lain-lain. Hasil karya ini juga terbukti berkualitas sehingga menjadikannya sebagai daya tarik tersendiri.

kain tenun lombok
kain tenun lombok

Di desa Sukarara, selain membeli oleh oleh di Lombok, kita juga dapat menyaksikan sendiri proses penenunan kain. Umumnya yang menerjakan tenunan kain adalah kaum wanita. Hal ini terkait mitos setempat yang mempercayai bahwa pria yang menenun kain akan menjadi mandul. Namun seiring majunya zaman, mitos ini tidak lagi dipercaya dan kaum pria pun turut mengerjakan tenunan kain. Para pria akan mengerjakan tenunan Ikat, sementara perempuannya mengerjakan tenunan Songket.

Gerabah Desa Banyumulek sebagai Oleh Oleh di Lombok

Oleh oleh tour Lombok berikutnya ialah gerabah yang merupakan kerajinan asli dari Desa Banyumulek. Desa yang satu ini telah terkenal sebagai sentra pengrajin gerabah di Pulau Lombok. Kemampuan dalam membuat gerabah sendiri diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Saat memasuki desa, di sepanjang jalan kita akan menemukan galeri serta toko di sepanjang kedua sisi jalan. Bentuk dari gerabah yang dijual sendiri sangat beraneka ragam. Sebut saja mulai dari vas bunga pasir, celengan, cas gepeng, gentong telur, kap lampu, hiasan dinding dan lain-lain. Untuk produk kerajinan khasnya adalah Kendhil Maling. Kendhil ini memiliki lubang pada bagian dasar dan digunakan untuk memasukkan air ke dalam.

gerabah banyumulek lombok
gerabah banyumulek lombok

Hasil kerajinan dari desa Banyumulek telah merambah pasar Eropa. Kita bisa membeli kerajinan gerabah ini sebagai oleh-oleh khas saat pulang kembali ke rumah. Harga oleh oleh di Lombok yang satu ini bervariasi tergantung dari ukuran serta kerumitan dalam pembuatan. Kita juga bisa belajar dalam proses pembuatannya. Gerabah di Banyumulek masih dibuat secara tradisional dan bahkan tanpa menggunakan alat ukur. Keterampilan ini turut didukung oleh kondisi sekitar desa di mana banyak terdapat tanah liat serta air yang menjadi bahan bakunya. Bahan pewarna juga didapat secara alami, walau kini pengrajin juga mulai menggunakan pewarna buatan dari desa tetangga.

Comments are closed.