Wisata Lombok Selatan yang Tak Boleh Dilewatkan

Wisata Lombok Selatan yang Tak Boleh Dilewatkan

Wisata Lombok Selatan yang tidak boleh kita lewatkan masih berupa pantai-pantai dengan keindahan luar biasa. Pulau Lombok memang paling tepat dijadikan sebagai tujuan wisata alam yang dapat melepas rasa penat dari aktivitas sehari-hari. Ini karena pemandangannya yang indah serta masih alami. Bahkan, beberapa tempat wisata di sini terbilang masih perawan alias belum terjamah tangan manusia. Ini karena lokasinya yang terpencil dan susah dijangkau. Bukan hanya sekedar menjadi tujuan wisata, objek-objek berikut juga dapat menjadi lokasi foto yang menarik. Berikut adalah beberapa objek wisata menarik yang bisa kita kunjungi di Lombok Selatan.

wisata lombok selatan
wisata lombok selatan

Pantai Kuta Lombok sebagai Wisata Lombok Selatan

Selama ini mungkin kita berpikir bahwa Pantai Kuta hanya terletak di Bali. Padahal di Pulau Lombok juga terdapat sebuah pantai dengan nama yang sama. Wisata Lombok Selatan Pantai Kuta ini juga tak kalah indah serta mengesankan dari Pantai Kuta yang ada di Bali. Letaknya ada di bagian selatan dari Pulau Lombok serta memiliki pasir yang terhampar bersih serta putih. Garis pantainya bergelombang dan jajaran terumbu karangnya tampak sehat. Pemandangan yang tersaji tampak begitu romantis serta menakjubkan. Apabila ingin berkunjung kemari, datanglah ke Desa Kuta yang ada di Kecamatan Pujut. Garis pantai terbentang sepanjang tujuh koma dua kilometer dan pada bagian baratnya terdapat bukit bernama Bukit Mandalika.

pantai kuta lombok
pantai kuta lombok

Bukit Mandalika sekaligus menjadi tempat yang tepat untuk menyaksikan pemandangan matahari tenggelam. Air lautnya tampak bening dari puncak bukit, demikian pula dengan gugusan terumbu karang yang tampak indah. Pantai Kuta memiliki jarak 72 kilometer dari pusat Kota Mataram menuju ke arah tenggara. Perjalanan menuju objek wisata Lombok Selatan ini dapat memakan waktu 90 menit. Angkutan umum di sini terbilang jarang serta biayanya relatif mahal. Lebih disarankan untuk menggunakan mobil sewaan atau bergabung dalam paket tour. Aktivitas yang dapat dilakukan selama berada di pantai termasuk snorkelling, selancar, atau hanya sekedar bermain air serta menikmati sunset.

Pantai Tanjung Aan sebagai Wisata Lombok Selatan

Pantai Tanjung Aan
Pantai Tanjung Aan

Wisata Lombok Selatan berikutnya yang tak kalah menarik perhatian adalah Pantai Tanjung Aan. Lokasi pantai ini langsung berhadapan dengan Samudera Hindia. Garis pantainya terbentang hingga sepanjang dua kilometer. Pasir di pantai ini juga terbilang unik karena bentuknya bulat menyerupai merica. Pantai ini sekaligus menjadi tempat yang tepat untuk kita yang gemar snorkelling serta berenang di pantai. Ombaknya relatif tenang serta kedalamannya juga cukup dangkal. Apabila kita tidak membawa peralatan snorkelling, tidak perlu khawatir karena tersedia persewaannya di sini. Waktu yang tepat untuk berselancar adalah pada sore hari saat permukaan air laut mulai naik. Di sekeliling Pantai Tanjung Aan terdapat bukit di mana kita bisa melihat pemandangan pantai dari ketinggian.

Wisata Lombok Selatan Pantai Tanjung Aan ini sekaligus akan banyak dikunjungi wisatawan domesik pada musim liburan. Sementara pada bulan Februari, pantai akan dipenuhi tidak hanya oleh wisatawan domestik namun juga mancanegara. Ini karena pada bulan tersebut akan diadakan Ritual Bau Nyale, yaitu ritual yang berhubungan dengan mitos setempat mengenai Putri Mandalika. Dalam mitos masyarakat lokal, Putri Mandalika dikisahkan terjun ke laut dan berubah menjadi cacing laut bernama Nyale. Nyale sendiri merupakan jenis cacing laut tertentu yang dapat dikonsumsi dan turut muncul di berbagai daerah lain seperti Sumbawa dan Maluku. Nyale ini nantinya akan diolah menjadi makanan oleh penduduk setempat.

Comments are closed.