Objek Wisata Lombok Timur yang Harus Dikunjungi

Objek Wisata Lombok Timur yang Harus Dikunjungi

Pulau Lombok dapat menjadi destinasi wisata favorit karena pemandangan alamnya yang luar biasa indah. Selain itu, fasilitas yang disediakan juga terbilang lengkap, mengingat pulau ini tak hanya menjadi tujuan wisata turis domestik namun juga mancanegara. Kita dapat menemukan mulai dari wisata alam, wisata budaya hingga wisata kuliner. Dari semua jenis wisata yang ditawarkan, wisata alam menjadi keunggulan sekaligus ikon dari Pulau Lombok. Salah satunya adalah objek wisata Lombok Timur yang tak lepas dari pantai-pantai indahnya. Sebut saja Pantai Tanjung Ringgit serta Pantai Tangsi atau yang kerap disebut sebagai Pantai Pink. Keduanya dapat menjadi alternatif lokasi liburan di akhir pekan ini.

objek wisata lombok timur
objek wisata lombok timur

Pantai Tanjung Ringgit sebagai Objek Wisata Lombok Timur

Objek wisata Lombok Timur pertama yang dapat kita kunjungi adalah Pantai Tanjung Ringgit. Objek wisata satu ini terutama akan sangat cocok untuk kita yang hobi fotografi serta menyukai petualangan. Letaknya ada di ujung tenggara dari Pulau Lombok serta cukup jauh dari Kota Mataram. Keunggulan pantai ini terutama dari pemandangannya yang sangat indah. Lokasi persisnya ada di Kecamatan Jerowaru dan terpisah hingga 85 kilometer dari pusat Kota Mataram. Untuk mencapai pantai ini kita harus menggunakan mobil sewa ataupun kendaraan pribadi. Akses kendaraan umum menuju Tanjung Ringgit memang belum tersedia. Inilah salah satu faktor yang membuat Tanjung Ringgit masih kurang dikenal oleh pengunjung.

meriam peninggalan jepang
meriam peninggalan jepang

Kondisi geografis dari objek wisata Lombok Timur satu ini adalah berbukit serta dipenuhi tebing kars. Pemandangan di sini tidak asing apabila kita pernah mengunjungi Pantai Ngrenehan serta Pantai Ngobaran yang ada di Gunung Kidul, Jawa Tengah. Perairan yang ada di Tanjung Ringgit sekaligus akan membuat kita menahan napas karena memantulkan aneka warna memikat mata, terutama saat matahari bersinar terik. Kita juga bisa melihat aneka terumbu karang di balik perairannya yang jernih. Disarankan untuk berhati-hati saat berada di sini karena jalan setapak yang cukup terjal serta berbahaya. Tanjung Ringgit terutama akan sangat cocok bagi kita yang berjiwa petualang karena lokasinya yang cukup menantang.

Pantai Pink sebagai Objek Wisata Lombok Timur

Objek wisata Lombok Timur selanjutnya yang tak boleh luput dari perhatian adalah Pantai Pink. Pantai ini sendiri sebenarnya memiliki nama asli Pantai Tangsi. Pemberian nama Pantai Pink tak lepas dari warna pasirnya yang merah muda, bukan putih atau cokelat seperti pantai kebanyakan. Pantai Pink di Lombok ini berbeda dengan Pantai Pink yang ada di Flores, Nusa Tenggara Timur. Lokasi tepatnya ada di Desa Pemongkong, Jerowaru. Pantai ini dulunya berupa pantai transit untuk para nelayan dari Desa Tanjung Luar. Di seluruh dunia sendiri, hanya ada tujuh pantai yang pasirnya berwarna pink, dan dua di antaranya ada di Indonesia. Satu di Flores dan satu lagi di Lombok.

pantai pink di lombok
pantai pink di lombok

Warna pink pada pasir pantai terbentuk dari butir-butir asli yang berwarna putih lalu bercampur serpihan karang yang berwarna merah muda. Warna pink ini akan semakin terlihat jelas saat terkena bias sinar matahari serta terpaan air laut. Pantai Pink ini sangat tenang dan memiliki ombak kecil sehingga aman bagi para wisatawan. Keindahannya semakin sempurna dengan adanya hamparan bukit di sekeliling pantai. Rute menuju pantai ini membelah hutan lindung bernama Sekaroh dan jaraknya sekitar sepuluh kilometer dari Desa Pemongkong. Untuk bekal makanan, akan sangat disarankan untuk membawa sendiri karena tidak ada penjual makanan yang bisa kita temukan di sekitar objek wisata Lombok Timur ini.

Comments are closed.