Lokasi Wisata Lombok dan Budayanya Yang Sangat Erat

Lokasi Wisata Lombok dan Budayanya Yang Sangat Erat

Budaya adalah sebuah aturan yang dibuat untuk mengatur para manusianya saat melakukan hubungan ataupun komunikasi dengan orang lain. Adapun unsur-unsur dalam budaya yaitu moral, adat, hukum, kesenian, dan lain sebagainya. Memang sangat banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini karena ingin menikmati keindahan objek wisatanya, namun banyak juga wisatawan yang ingin mengetahui apa sajakah budaya-budaya yang ada di Pulau Lombok ini. Bahkan salah satu daya tarik bagi pulau ini justru karena adanya beberapa lokasi wisata Lombok seperti juga budayanya. Mari kita simak artikel lebih lanjut di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

wisata lombok
wisata lombok desa sade

Lokasi Wisata Lombok dan Budayanya

Lokasi tour Lombok khususnya adalah wisata budayanya merupakan salah satu daya tarik wisatawan yang mengunjungi tempat ini. Alasan mereka ingin mengetahui budaya-budaya Lombok karena budaya Lombok memiliki ciri khas yang sangat unik. Bahkan pemerintah yang ada di Lombok membuat pelestarian budaya Lombok agar nantinya wisatawan yang berkunjung ke tempat ini akan mendapatkan ilmu dan juga beberapa kearifan lokal yang ada di dalamnya. Ada beberapa peneliti yang juga menyebutkan bahwa budaya Lombok ini berasal dari perpaduan budaya yang ada di Pulau Bali dan Pulau Jawa. Bahkan hampir sebagian besar penduduk Pulau Lombok ini berasal dari suku Sasak.

kain tenun khas desa sukarare
kain tenun khas desa sukarare

Ada beberapa kebudayaan yang akan Anda temui jika Anda mengunjungi lokasi wisata Lombok yaitu lokasi budayanya. Di antaranya adalah tarian-tarian adatnya dan juga music-musik tradisionalnya. Bahkan bukan hanya itu saja, ada beberapa acara adat lain yang biasanya dilakukan di Pulau Lombok ini seperti Upacara Rebo Bontong, Slober, Lomba Memaos, Periseian, Begasingan, Gendang Beleg, Bau Nyale, Tandang Mendet, dan lain sebagainya. Para penduduk sekitarnya pun juga memiliki kebiasaan yang sering dilakukan dan dijadikan sebagai salah satu mata pencaharian mereka yaitu membuat gerabah dan juga menenun.

Contoh Lokasi Wisata Lombok

Ada banyak sekali desa-desa yang dijadikan lokasi wisata Lombok yang dijadikan sebagai salah satu desa wisata, di antaranya sebagai berikut ini :
– Desa Sade. Desa Sade ini merupakan desa yang para penduduknya masih asli suku dari Pulau Lombok ini yaitu suku Sasak. Bahkan di desa ini Anda juga masih bisa menjumpai banyaknya rumah-rumah tradisionalnya.
– Desa Sukarara. Lokasi Desa Sukarara ini tak jauh dari desa sebelumnya yaitu Desa Sade. Di desa ini terkenal sebagai desa dengan penghasil kerajinan tangannya yaitu hasil kain tenunnya. Bahkan siapapun yang mengunjungi ke desa ini, Anda bisa belajar menenun pada warga sekitarnya.
– Desa Banyumulek. Masih sama dengan desa sebelumnya yaitu Desa Sukarara, di Desa Banyumelek ini juga terkenal sebagai desa dengan hasil kerajinan tangannya seperti kerajinan gerabahnya seperti membuat vas bunga, gantungan kunci, figura, guci, dan lain sebagainya.

Wisata Lombok Terfavorit, Gili Air
snorkeling gili air lombok

Selain beberapa lokasi wisata Lombok terutama wisata budayanya, ada juga beberapa tempat wisata lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu beberapa objek wisatanya. Sebagai contohnya adalah Gili Trawangan, Gili Air, Gili Meno, Gili Kedis, Gili Tangkong, Gili Sudak, Gili Nanggu, Pantai Pink, Pulau Pasir, Taman Narmada, dan masih banyak wisata-wisata lainnya. Nah sangat menyenangkan bukan? Selain bisa mengunjungi beberapa tempat wisata budaya yang ada di Lombok, Anda juga bisa mengunjungi beberapa objek wisata alam yang ada di Lombok. Jadi tunggu apalagi? Yuk liburan ke Pulau Lombok sekarang juga.


Comments are closed.