Taman Nasional Gunung Rinjani, Tempat Wisata di Lombok Bagi Para Petualang

Taman Nasional Gunung Rinjani, Tempat Wisata di Lombok Bagi Para Petualang

Selain pantai, Lombok juga menyimpan eksotisme lain yang tidak kalah menarik jika disandingkan dengan keindahan pantainya. Lombok juga memiliki Gunung Rinjani yang termasuk salah satu tempat wisata di Lombok yang memiliki keindahan luar biasa. Ada banyak spot menarik yang dapat Anda nikmati dengan berlibur ke taman nasional ini. Bagi Anda yang berjiwa petualang, liburan ini pasti akan sangat berkesan. Mari kita cari tahu keindahan seperti apa yang akan kita temui di Gunung Rinjani tersebut.

Tempat wisata di Lombok
Tempat wisata di Lombok

Tempat wisata di Lombok yang asyik untuk treking

Wisata alam yang berbau petualangan pasti tidak lepas dari kegiatan trekking. Gunung Rinjani adalah tempat wisata di Lombok yang cocok untuk melakukan hal tersebut. Ada 2 jalur trekking resmi yang dapat kita lalui untuk mencapai gunung dengan puncak tertinggi kedua di Indonesia ini.adapun jalur tersebut adalah sebagai berikut.

1. Jalur Senaru
Jalur ini memakan waktu 10-12 jam dan melewati tempat wisata yang sangat terkenal yakni danau Segara Anak. Ada beberapa pos tersebar setiap beberapa kilometer pendakian. Pada setiap pos Anda bisa beristirahat terlebih dahulu. Adapun jalur yang dapat ditempuh yaitu:
– Dari kota Matarm ke Senaru (kendaraan umum, waktu tempuh 4-5 jam)
– Dari Senaru ke danau Segara Anak (jalan kaki, waktu tempuh 7-10 jam)
– Dari danau Segara Anak ke pelawang Sembalun (jalan kaki, waktu tempuh 4 jam)
– Dari pelawang Sembalun ke puncak rinjani (jalan kaki, waktu tempuh 3-4 jam)

2. Jalur Sembalun
Jalur ini adalah jalur yang populer dan tidak terlalu curam untuk mendakian. Untuk mencapai puncak melalui jalur ini dibutuhkan kisaran waktu 9-10 jam. Jalur ini akan menyuguhkan pemandangan yang eksotis dan mempesona dimana dalam perjalanan melalui jalur ini Anda akan melewati diantaranya adalah padang savana, punggung gunung, serta tebing indah. Adapun jalur yang dapat ditempuh yaitu:
– Dari mataram ke Sembalun (kendaraan umum, waktu tempuh 4-5 jam)
– Dari Sembalun ke puncak Gunung Rinjani (jalan kaki, waktu tempuh 7 jam)
– Dari Sembalun ke Segara Anak (jalan kaki, waktu tempuh 8-10 jam)

Tempat wisata di Lombok yang dapat dikunjungi selama trekking

Ada beberapa tempat wisata di Lombok yang kita lewati selama melakukan kegiatan trekking yang sangat menarik. Adapun atraksi wisata tersebut adalah sebagai berikut.
1. Desa adat Senaru

desa adat senaru
desa adat senaru

Desa adat Senaru adalah salah satu gerbang pendakian resmi yang populer. Desa ini masih memiliki perkampungan yang menjaga adat lokal dengan rumah adat yang khas dan peraturan adat yang masih berlaku.
2. Air terjun Jeruk Manis

air terjun jeruk manis
air terjun jeruk manis

Air terjun ini berlokasi di desa Kembang Kuning dibagian selatan kawasan taman nasional Gunung Rinjani. Ada banyak sara akomodasi disekitar air terjun ini.
3. Pemandian Otak Kokok

pemandian otak kokok
pemandian otak kokok

Pemandian ini merupakan salah satu pemandian yang terkenal dapat mengi=obati penyakit. Di sini terdapat camping site bagi Anda yang ingin camping di daerah ini.
4. Danau Segara Anak

danau segara anak
danau segara anak

Danau yang sangat terkenal akan keindahannya ini dapat kita lewati selama trekking menuju puncak gunung. Danau ini juga dapat dicapai dengan kendaraan bermotor jika Anda tidak ingin melakukan trekking.

Nah, itu tadi tempat wisata Lombok bagi Anda pecinta petualangan dan penyuka kegiatan trekking. Jangan lupa untuk persiapkan segala hal yang dibutuhkan sebelum melakukan pendakian terutama kesehatan dan kebugaran badan dan kebutuhan pokok selama pendakian.


Comments are closed.