Wisata Religi di Lombok sebagai Wisata Edukasi

Wisata Religi di Lombok sebagai Wisata Edukasi

Wisata Religi di Lombok merupakan salah satu destinasi wisata yang sarat makna dan merupakan sarana bagi generasi muda untuk mengetahui perkembangan sejarah yang telah ada.
Lombok merupakan pulau yang tak hanya kaya akan wisata Lombok, akan tetapi juga kaya budaya. Masyarakat lombok terdiri atas beragam suku, adat, dan agama. Keragaman agama di lombok bisa dilihat dari bangunan bernuansa religi yang ada. Bangunan-bangunan religi peninggalan pendahulu menyimpan daya tarik tersendiri untuk dipelajari. Kini bangunan-bangunan tersebut telah dijadikan sebagai destinasi wisata religi di Lombok yang patut dikunjungi. Meski pun anda memiliki agama yang berbeda dengan mayoritas masyarakat yang tinggal di pulau ini, namun tidak ada salahnya untuk mempelajari dan mengamati cara hidup agama yang dianut oleh masyarakan di pulau ini.

Wisata Religi di Lombok yang wajib di Kunjungi

wisata religi di lombok makam Loang Baloq
wisata religi di lombok makam Loang Baloq

TempatĀ wisata religi di Lombok pertama yang wajib di kunjungi adalah masjid kuno. Masjid kuno adalah masjid yang dibangun pertama kali sebagai pertanda telah masuknya agama Islam di wilayah tersebut. Masjid kuno berdiri seperti pada saat pertama kali dibangun tanpa mengalami pemugaran. Masjid kuno yang menjadi saksi peyebaran Islam di Lombok seperti Masjid Kuno Bayan Baleq dan Masjid Kuno Gunung Pujut. Mengunjungi masjid kuno seakan membuka kembali sejarah masa lampau yang menggambarkan perjuangan penyebaran agama Islam.
Wisata bernuansa religi seanjutnya adalah makam Loang Baloq. Makam ini terletak di Pantai Amperan. Pantai yang sangat menawan, nyiur hijau melambai-lambai, dan ombak tenang yang menentramkan menjadi image yang selalu terkenang di hati wisatawan. Komplek Pemakaman Loang Baloq merupakan tempat pemakaman tokoh-tokoh yang telah berperan menyebarkan agama Islam di wilayah Lombok seperti Makam Maulana Syech Gaus Abdurrazak dan Makam Datuk Laut. Mengunjungi makam ini bisa menjadi alternatif untuk belajar sejarah sekaligus memahami tokoh-tokoh pahlawan yang memperjuangkan agama Islam.

Wisata religi di Lombok selanjutnya adalah Pura Lombok

wisata religi di lombok pura batu bolong
wisata religi di lombok pura batu bolong

Lombok memiliki banyak pura yang merupakan tempat peribadatan bagi agama Hindhu. Pura di Lombok selain menunjukkan ritual keagamaan yang sakral juga menunjukkan keindahan yang mempesona sehingga patut dijadikan sebagai destinasi wisata. Pura Batu Bolong salah satunya. Pura yang terletak di Pantai Senggigi ini terkenal dengan pesona matahari terbenam. Wisata religi yang didapatkan dari pura ini sangat kental akan aura spiritualisme dan kesakralannya. Tak kalah dengan Pura Batu Bolong, Pura Gunung Pengsong juga menawarkan pesona gunung rinjani, hijaunya area persawahan, serta romantisme Teluk Lembar dan Gunung Agung Bali pada ketinggian 200mdpl. Menurut sejarah, pura ini dulunya merupakan tempat persinggahan tentara Jepang pada masa perang dengan sekutu.selain pura diatas, juga terdapat pura yang tak kalah menarik sebagai wisata religi di Lombok diantaranya Pura Lingsar, Pura Meru, Pura Kalasa serta satu pura yang terdapat di Taman Suranadi.

Wisata religi di Lombok selanjutnya adalah Vihara Tendaun Giri Sena yang merupakan vihara terbesar di Pulau Nusa. Vihara ini terletak di Desa Persiapan Mareje Timur yang berada pada ketinggian Gunung Mareje, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat. Arsitektur bangunanya sangat unik dengan perpaduan yang apik antara kebudayaan Suku Sasak dengan kebudayaan Thailand. mengunjungi Pura Vihara Tendaun Giri Sena akan memberikan pengetahuan tentang aktivitas peribadatan pemeluk agama Hindhu serta kebudayaan masyarakat Suku Sasak yang tercermin dalam arsitektur pura. Demikian sedikit ulasan tentang wisata religi di Lombok. Semoga bisa menjadi referensi perjalanan wisata yang mempesona, sarat budaya, edukasi, membangkitkan aura spiritualisme dan yang tak kalah penting adalah menambah kecintaan terhadap negeri ini.


Comments are closed.