Uniknya Air Terjun Penimbung Torean

Uniknya Air Terjun Penimbung Torean

Mendaki Gunung Rinjani yang ada di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat memang menjadi salah satu hal yang menyenangkan. Di sana anda bisa menikmati keindahan alam yang tiada duanya. Apabila anda berada di jalur pendakian, maka anda akan menjumpai air terjun yang begitu indah dan unik bernama air terjun Penimbung Torean. Air terjun yang terletak di kaki Gunung Rinjani dan berada di Jalur Torean ini menjadi favorit para pendaki gunung untuk sejenak mampir melihat indahnya air terjun tersebut.

Pemandangan Air Terjun Penimbung Torean

air terjun penimbung torean lombok
air terjun penimbung torean lombok

Jalur Torean merupakan jalur pendakian Gunung Rinjani yang menjadi favorit bagi para pendaki dibandingkan Jalur Sembalun dan Senaru. Mengapa? Karena di sini terdapat air terjun yang begitu indah yaitu air terjun Penimbung Torean. Apa saja pemandangan alam yang disuguhkan oleh tempat wisata di Lombok tersebut? Air terjun tersebut mempunyai ketinggian sekitar 100 meter dan berada di ketinggian 1.200 meter diatas permukaan laut. Tepatnya berada di Desa Sajang Kecamatan Sembalun ini merupakan pintu masuk jalur pendakian Gunung Rinjani. Karena berada di ketinggian maka tak heran jika pemandangan sekitar biasanya berkabut.

Air terjun ini merupakan air terjun yang sangat tinggi dan aliran airnya begitu deras. Selain itu, hawa di sekitar air terjun tersebut sangat dingin mengingat berada di kaki Gunung Rinjani. Perlu anda ketahui, air terjun tersebut hanya bisa anda nikmati dari ketinggian saja pasalnya jika anda ingin berenang di sana sangat berbahaya. Mengapa? Selain aksesnya yang sulit dan begitu terjal, air terjun tersebut juga sangat curam.

Debit air yang sangat tinggi membuat air terjun tersebut hanya bisa dilihat saja. Meskipun begitu anda tidak perlu kecewa karena di sana anda akan merasa damai dan tenang. Bunyi derasnya air membuat siapa saja menjadi rileks. Oleh para pendaki, menikmati indahnya air terjun sejenak bisa menyegarkan badan. Tetapi jika anda mendaki gunung tidak melalui Jalur Torean maka anda tidak bisa melihat view pemandangan air terjun ini karena air terjun tersebut bisa anda lihat melalui Jalur Torean saja.

Keindahan Air Terjun Penimbung Torean

Keindahan alam ini memang mempunyai daya magnet tersendiri bagi para pendaki. Para pendaki Gunung Rinjani biasanya lebih memilih untuk melewati Jalur Torean karena selain aksesnya mudah, di sini juga ada bonus dari alam yaitu pemandangan air terjun Penimbungan tersebut. Dari atas bukit, anda bisa melihat derasnya air yang turun dari atas tebing setinggi 100 meter itu. Jika tidak berkabut, anda bisa mengabadikannya dengan kamera yang anda bawa karena berada di ketinggian maka air terjun tersebut sering tertutup kabut jika dilihat dari atas bukit jalur pendakian. Mendaki Gunung Rinjani melewati Jalur Torean bisa mendapatkan keuntungan bagi anda, selain aksesnya yang cepat sampai ke puncak, di sini juga terdapat beberapa air terjun selain air terjun Penimbungan.

Jalur ini jauh lebih pendek dengan trek menurun yang mendominasinya, maka tak heran jika jalur tersebut sangat difavoritkan oleh para pendaki. Meskipun begitu anda harus tetap waspada dan berhati-hati karena di sini juga terdapat trek terjal yang berbahaya. Ada 3 jurang yang curam dan langsung mengarah ke Kokoq Puteq apabila anda tidak memperhatikan keselamatan. Kembali ke air terjun, menikmati indahnya lukisan alam tersebut memang tidak mudah karena anda harus berada di ketinggian terlebih dahulu. Namun air terjun Penimbung Torean menjadi sangat berkesan bagi siapa saja yang melihatnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *