Obyek Wisata Air Terjun Sekeper Lombok

Obyek Wisata Air Terjun Sekeper Lombok

Obyek wisata air terjuan Sekeper yang terletak Desa Sangon, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara dapat menjadi destinasi wisata yang penuh sensasi bagi para pelancong khususnya dari luar pulau atau mancanegara. Letaknya yang tersembunyi membuat tempat ini jarang dikunjungi wisatawan. Padahal pesona dan keindahannya melebihi usaha untuk mencapai tempat indah tersebut. Perjalanannya dapat ditempuh dari Mataram, kurang lebih memerlukan waktu dua jam untuk tiba di sana. Dalam perjalanan, pendatang akan disuguhkan pemandangan di sisi jalan yang tampak hijau, sejuk dan menakjubkan.

Obyek Wisata Air Terjun Sekeper Lombok

air terjun sekeper
air terjun sekeper

Perjalanan yang penuh tantangan dapat dilakukan melalui perjalanan kaki dari tempat parkir di desa Sangon menuju Air Terjun yang katanya tertinggi di Lombok tersebut. Anda harus berjalan kaki karena masih belum ada akses perjalanan menuju air terjun dengan menggunakan kendaraan bermotor, apalagi dengan mobil. Anda dapat menitipkan kendaraan anda dirumah warga atau ditempat penitipan, sudah banyak penyedia tempat parkir. Ini menunjukkan bahwa tempat tersebut termasuk menyumbang rezeki bagi penduduk setempat karena letaknya yang jauh.

Persiapan menuju Obyek Wisata Air Terjun Sekeper dapat dilakukan dengan membeli perbekalan makanan dan minuman di desa tersebut. Ini penting karena dalam perjalanan pelancong pasti merasa haus dan lelah. Di sana sudah banyak penjual seperti roti dan minuman. Yang tidak boleh terlewatkan adalah pengalaman memetik buah khas desa itu, yakni Strawberry Sangon, yakni buah yang berbentuk seperti strawberry namun rasanya agak manis kemasaman. Anda juga akan merasa tertantang dengan melewati perkebunan coklat yang rimbun dan sangat sejuk. Selepas itu, anda harus masuk ke dalam hutan yang lebat dan memiliki pepohonan yang besar dan tinggi. Ini dapat menjadi sensasi tersendiri layaknya pendaki.

Jika anda adalah wisatawan dari luar pulau atau mancanegara, lebih baik menggunakan jasa penunjuk arah atau anda dapat melibatkan masyarakat sekitar sebagai penunjuk arah. Anda akan merasa terbantu dan tidak tersasar. Meskipun jalan menuju tempat wisata tersebut sudah jelas, namun medan yang menanjak dapat menguras tenaga anda jika tidak ada yang membantu anda dalam perjalanan. Belum lagi dengan adanya jalur semak-semak yang kerap membuat wisatawan menjadi gatal-gatal, akhirnya mengurangi rasa nyaman dalam berwisata.

Keindahan Air Terjun Sekeper Lombok

Setelah anda melihat gemercik air terjun yang sangat menyegarkan, anda harus menuruni jalan yang terjal ke bawah menuju sungai. Dijamin, wisatawan pasti dibuat takjub dengan gemuruh air terjun yang masih terjaga dan sangat jernih. Anda dapat menikmatinya dengan bersantai dan merenungi hasil karya tuhan yang sangat indah tersebut. Di samping itu, anda juga dapat menyegarkan badan dengan mandi di sungai bawah air terjun. Tentu airnya sangat dingin sehingga dapat menyegarkan tubuh anda setelah lamanya perjalanan yang begitu melelahkan. Semua dapat terbayar dengan pesona Air Terjun Sekeper yang sangat luar biasa.

Ada salah satu spot wisata alam yang harus dinikmati oleh wisatawan atau pendaki di air terjun ini, yakni keberadaan kucuran air panas yang tepat berada di pojok kiri air terjun ini. Untuk mendekat ke dinding tebing, kita harus sedikit menaiki bukit kecil. Alirannya kecil dan terasa hangat. Sebenarnya aliran air tersebut panas, itu menjadi hangat karena pengaruh dari dinginnya air terjun tersebut. Yang pasti, anda sayang kalau melewatkan spot foto di sekitar air terjun karena angel yang tersedia sangat memukau.

Keindahan Obyek Wisata Air Terjun Sekeper itu dapat menjadi referensi penting bagi pecinta traveling, khususnya dari luar pulau dan mancanegara untuk menyaksikan betapa indahnya pesona wisata Lombok. Lombok ternyata masih memiliki wisata alami yang belum terjamah oleh pembangunan megah yang cenderung merusak alam. Kealamian dan kesejukan air terjun inilah yang menjadi alasan bagi wisatawan atau pecinta alam untuk datang berwisata ke lombok.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *