Secuil Surga Gili Kedis di Lombok Barat

Secuil Surga Gili Kedis di Lombok Barat

Gili Kedis adalah sebuah pulau kecil yang termasuk ke dalam pulau-pulau Gili yaitu Gili Sudak, Gili Tangkong, dan GIli Nanggu. Disebut pulau kecil karena memang ukurannya tidak sebesar tiga Gili dan Gili Trawangan. Meskipun kecil namun keindahannya tidak kalah dengan Gili yang ada di sekitarnya.

Si kecil yang menakjubkan

gili kedis lombok
gili kedis lombok

Pepatah kecil-kecil cabe rawit memang berlaku untuk Gili Kedis ini. Memang ukurannya kecil sehingga untuk berkeliling pulau ini hanya perlu waktu 10-15 menit. Namun pesonanya tidak kalah dengan Gili sudak, Tangkong maupun Nanggu di dekatnya. Dikelilingi oleh pantai dengan pasir yang begitu putih bersih membuat Gili ini seperti secuil surga di Lombok. Di tengah-tengah Gili ini juga terdapat beberapa pohon yang tumbuh yang memberikan warna hijau di tengah putihnya pasir pantai dan birunya air laut.

Untuk fasilitas, di Gili ini tidak ada fasilitas umum seperti toilet apalagi penginapan atau resort. Ukurannya yang kecil membuat pembangunan fasilitas umum tidak memungkinkan untuk dibangun disini. Hanya ada sebuah gubug bambu kecil yang ada di tengah Gili di antara pepohonan sebagai tempat berteduh sejenak sambil menikmati indahnya pantai di Gili ini.

Pesona Bawah Laut Gili Kedis

Setelah puas menikmati hamparan pantai dan juga daratannya dari gubug bambu, aktivitas selanjutnya yang memang wajib dilakukan di Gili Kedis adalah bermain air. Karena secara geograis Gili ini dikelilingi laut maka ada banyak spot-spot yang bisa dinikmati di sekeliling Gili. Kondisi airnya yang tenang membuat aktivitas snorkeling maupun diving menjadi aman bagi pengunjung. Tentu harus diingat bahwa karena tempat wisata di Lombok yang satu ini tidak dilengkapi adanya persewaan alat snorkel maupun diving sehingga pengunjung harus menyewa dari pelabuhan keberangkatan.

Dari dalam air, pesona bawah laut di sekitar Gili ini sangat menakjubkan. Banyak sekali terdapat terumbu karang yang masih asri dan alami membuat warna indah di bawah laut yang enak untuk dinikmati. Begitu alaminya terumbu karang disini menyebabkan ikan-ikan laut juga banyak berkembang biak dengan aman tanpa gangguan dari aktivitas manusia. Tingkat kejernihan air laut disini juga tinggi sehingga cahaya matahari bisa masuk ke dalam dunia bawah laut Gili ini. Dengan cukup cahaya maka berfoto di dalam air juga merupakan keharusan sebagai cara untuk mendokumentasikan momen di bawah laut yang luar biasa.

Gili Kedis ini memiliki spot yang unik untuk berfoto ria. Di daratan pulau sebelah sisi luar yang menghadap ke laut lepas, ada beberapa gugusan batu hitam yang membentuk suatu pola unik yang sayang untuk dilewatkan. Banyak yang memakai spot ini sebagai spot foto dengan pulau dan daratan utama sebagai backgroundnya. Dari spot ini juga keindahan Gili Kedis yang luar biasa terlihat secara utuh.

Berfoto di Gili Kedis

Biasanya Gili ini bukanlah destinasi utama para pengunjung saat ke Lombok Barat ini. Banyak pengunjung  yang mampir ke Gili Kedis sebelum mereka menuju ke Gili Sudak, Tangkong maupun Gili Nanggu. Ada juga yang berkunjung ke gili ini dalam perjalanan pulang dari ketiga Gili tersebut. Pesona menakjubkan dari secuil surga ini ternyata menghipnotis pengunjung untuk mampir sebentar meskipun hanya mengambil foto.

Hal yang harus diingat oleh pengunjung disini adalah persiapan logistik yang harus dibawa karena Gili ini adalah termasuk pulau yang tak berpenghuni. Pengunjung juga harus selalu ingat untuk mengelola sampahnya masing-masing sehingga tidak mengotori daratan maupun kawasan laut sekitar Gili Kedis ini. Sepotong sampah saja yang ditemukan disini bisa merusak segala keindahan pesona potongan surga di tempat wisata Lombok yang menakjubkan ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *