Pesona Pantai Kuta Lombok Yang Sangat Unik Dan Indah

Pesona Pantai Kuta Lombok Yang Sangat Unik Dan Indah

Pada awalnya Pantai Kuta Lombok ini memang sangatlah sepi dibandingkan dengan pantai kuta di bali. pantai yang terletak di Desa Kuta ini ibarat putri cantik yang sangat pemalu, akan tetapi seiring waktu pantai ini terkenal karena keindahan pantai pasir putihnya yang elok.

Keunggulan Pantai Kuta Lombok Tengah yang menawan

1. Pantai Kuta Lombok dengan Pasir Putih yang memikat hati

Pantai Kuta Lombok
Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok ini memiliki pasir putih serta lautan biru yang membentuk setengah lingkaran dan berkelok serta dikelilingi oleh hijaunya perbukitan yang menambah keindahan pantai ini. Namun keunikan dari Pantai Kuta Lombok adalah butiran-butiran pasirnya relatif besar dan berbentuk seperti merica yang tidak terdapat di pantai-pantai lainnya. Sehingga jika Anda berjalan menyusuri pinggir pantai tanpa alas kaki maka Anda akan merasakan sensasi yang berbeda dan nyaman ketika menginjak pasir pantai ini. Selain pemandangannya yang indah, lokasi pantai ini juga terkenal akan tempat berselancar, banyak wisatawan atau peselancar yang mencoba ombak di pantai ini.

Pantai ini juga masih sangat sepi pengunjung, terlebih lagi pada hari kerja, namun inilah yang menjadi nilai tambah dari Pantai Kuta Lombok ini. Kita akan merasakan seperti mempunyai pantai pribadi, hanya ada sedikit pengunjung dan ditambah beberapa penjual pernak-pernik khas Lombok yang hilir mudik menawarkan songket Sasak. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menghilangkan kepenatan terhadap rutinitas sehari-hari.

2. Tradisi dan Legenda di Pantai Kuta Lombok “ BAU NYALE”

Pantai berpasir putih ini terletak di Desa Kuta yang lokasinya tidak jauh dari Bandara Internasional Lombok (BIL). Desa Kuta mulai menjadi tempat wisata sejak didirikannya hotel-hotel yang baru. Selain terdapat keindahan yang dapat dinikmati wisatawan setiap berkunjung di desa ini, pada satu kali dalam setahun (biasanya bulan Februari atau Maret) akan diadakan upacara Sasak di desa ini. Upacara ini disebut dengan upacara Bau Nyale, di mana para pelaut mencari cacing Nyale di laut. Menurut legenda yang berkembang di masyarakat sekitar pantai, dahulu ada seorang putri berparas sangat cantik dan berambut panjang yang bernama Putri Mandalika. Banyaknya lamaran dari pangeran dan pemuda membuat Putri Mandalika bingung untuk mengambil keputusan, maka ia pun terjun ke laut. Sebelum terjun, ia berjanji akan kembali satu kali dalam setahun. Rambut panjang Putri Mandalika inilah yang kemudian menjelma menjadi Nyale (cacing laut). Maka untuk memperingati sekaligus menanti kedatangan Putri Mandalika, masyarakat setempat mengadakan upacara Nyale. Masyarakat juga meyakini bahwa pasir berbentuk merica yang terdapat di Pantai Kuta Lombok ini merupakan sarang nyale yang jumlahnya jutaan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *