Keunikan Adat Desa Sukarara Lombok Yang Wajib Anda Ketahui

Keunikan Adat Desa Sukarara Lombok Yang Wajib Anda Ketahui

Desa Sukarara Lombok terletak di Lombok bagian tengah. Desa Sukarara ini adalah satu – satunya desa yang menjadi pengrajin tenun terbsar di Lombok. Desa ini banyak di kunjungi wisatawan dan wisatawan di Desa ini sebagian besar adalah wanita. Keunikan dari Desa ini akan kita bahas di bawah ini :

Sejarah Desa Sukarara Lombok Yang Unik

Desa Sukarara Lombok
Desa Sukarara Lombok

Desa Sukarara ini memiliki sejarah adat istiadat yang sangat unik, yaitu bagi kaum wanita yang belum atau tidak bisa dalam menenun, maka wanita tersebut tidak di perbolehkan untuk menikah dan sebaliknya jika para wanita di Desa sukarara ini sudah bisa dan ahli dalam bidang menenun maka mereka bebas dan sudah boleh melangsungkan pernikahan. Adapun keunikannya, warga atau masyarakat yang menikah harus menggunakan adat yang di sebut dnegan kawin lari.

Kerajinan Desa Sukarara Lombok

Kerajinan Desa Sukarara yang paling laris adalah kain tenunnya yang cantik, unik dan indah. Anda bisa melihat dan membeli hasil dari kerajinan para wanita yang ada di Desa ini dan membawa kain tersebut pulang kerumah tercinta Anda. Disini Anda juga bisa melihat langsung dan belajar cara pembuatan kain tenun tersebut dengan para ahli pengrajin di Desa Lombok ini. Banyak jenis yang di buat dari Desa ini, jenisnya sering di sebut dengan kain tenun rang rang, kain tenun endek, kain tenun songket, kain tenun sarung dan kain tenun lainnya yang masih banyak jenisnya. Kain tenun di desa ini terbuat dari bahan pewarna alami, dan benang yang lebih kuat dari pengrajin lainnya, serta di buat dengan tangan bukan mesin, sehingga kerajinan ini lebih rapi dari kain tenun yang di buat oleh mesin.

Ayo Berkunjung ke Desa Sukarara Lombok

Dengan mengunjungi Desa ini Anda dapat banyak mengetahui sejarah penduduk desa suku sasak Lombok. Anda senang dengan kerajinan kain tenun serta Anda ingin belajar langsung untuk membuatnya ? datang saja langsung ke Desa Sukarara Lombok, dan jangan lupa untuk membeli serta membawa pulang kerajinan tenun khas Desa Sukarara yang indah dan cantik ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *